Kediri (Antara Jatim) - Sebanyak 16 grup drum band tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Kediri, Jawa Timur, mengikuti parade dan konser untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Kediri yang ke-1138 sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72  Republik Indonesia.
     
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengemukakan, kegiatan drum band ini dipilih sebagai upaya membentuk disiplin anak serta melatih mereka memiliki keberanian. 
     
"Drum band itu melatih anak untuk punya keberanian, jadi mereka tampil di depan umum sekaligus menyalurkan bakat," kata Nur Muhyar ditemui di sela-sela kegiatan di Balai Kota Kediri, Rabu.
     
Ia mengatakan, kegiatan drum band tersebut bisa melatih anak untuk lebih disiplin misalnya dalam aransemen lagu. Anak-anak juga dilatih peka serta bisa menyesuikan komposisi beragam komponen alat musik, penampilan, serta kostum yang digunakan.
     
Nur juga menyebut, drum band di Kota Kediri bukan hanya sekedar sebagai ajang latihan anak-anak belajar disiplin. Bahkan, drum band di Kota Kediri juga sudah mampu mewarnai beragam festival, salah satunya tingkat provinsi, hingga diundang untuk tampil di TMII Jakarta. Beberapa di antaranya adalah grup drum band dari SMP Santa Maria Kota Kediri.
     
Lebih lanjut, Nur mengatakan kegiatan ini juga dilombakan. Setiap sekolah peserta drum band harus mampu menunjukkan kemampaun terbaiknya dalam kegiatan tersebut. Selain disiplin, kekompakan juga menjadi salah satu kunci penilaian dari lomba tersebut.
     
Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah. Pembukaan diselenggarakan di depan Balai Kota Kediri, Jalan Basuki Rahmat Kota Kediri, yang dilanjutkan dengan parade. 
     
Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah mengaku merasa bangga saat melihat anak-anak bersemangat mengikuti lomba ini. Ia menyebut, banyak pelajaran yang bisa diambil di antaranya mengajarkan anak untuk tepat waktu, kekompakkan, kebersamaan dan kerjasama yang baik antar kelompok. 
     
"Kegiatan seperti ini selain  sebagai ajang untuk bersilaturahmi juga untuk melatih kekompakkan di dalam tim," kata perempuan yang akrab disapa Ning Lik ini.
     
Ning Lik menambahkan ajang seperti ini juga bisa memotivasi para siswa untuk lebih mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya serta dapat menjadi sarana yang tepat untuk menumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil di muka umum.
     
Lilik Muhibbah berharap dalam perlombaan ini semua menampilkan prestasi optimalnya. Terlebih lagi, dasarnya lomba ini untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki peserta. 
     
"Selamat berlomba kepada peserta, bila dapat juara terus ditingkatkan namun bila belum juara tetap terus berlatih," ujarnya.
     
Dalam kegiatan ini, peserta lomba sebanyak 16 grup drum band. Selain dihadiri Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, juga turut serta dalam parade drum band itu Sekretaris Daerah Budwi Sunu, Wakil Kapolresta Kediri Kompol Andik Gunawan, Asisten Pemkot Kediri Enny Endarjati, Ketua Koni Kota Kediri Heru Marwanto, Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Kediri Agus Suharmaji, serta sejumlah kepala satuan kerja lainnya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017