Surabaya (Antara Jatim) - Persebaya Surabaya memuncaki klasemen sementara grup 5 usai menaklukkan Martapura FC dengan skor 2-0 dalam lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam.

Dua gol kemenangan "Bajul Ijo" (julukan Persebaya) dicetak oleh Irfan Jaya menit ke-67 dan Oktavianus Fernando menit ke-85.

"Kemenangan yang harus disyukuri karena tiga poin berhasil diraih di kandang," ujar Pelatih Persebaya Alfredo Vera kepada wartawan usai pertandingan.

Bermain di hadapan puluhan ribu Bonek Mania dan di bawah guyuran hujan, kedua tim bermain keras dan tidak sedikit terjadi benturan hingga membuat pertandingan terhenti.

Bahkan, wasit Yudi Prasojo asal Payakumbuh yang memimpin pertandingan mengeluarkan dua kartu merah bagi masing-masing pemain kedua tim, yakni Erwin Gutawa dari Martapura di babak pertama dan Rishadi Fauzi dari Persebaya di akhir babak kedua.

Sementara itu, permainan kedua tim sejak babak pertama berjalan seimbang dan saling bergantian menyerang, namun hingga 45 menit pertama berakhir tak ada gol terjadi.

Gelandang serang mungil Persebaya, Irfan Jaya, memecah kebuntuan setelah tendangan bebasnya menit ke-67 mengarah ke gawang tanpa mampu diantisipasi kiper Martapura FC, Ali Budi Raharjo.

Berselang 18 menit kemudian, sebuah kemelut di depan gawang Martapura menghasilkan gol kedua bagi tuan rumah setelah bola tangkapan kiper hasil tendangan Oktavianus Fernando dari sudut sempit malah masuk ke gawangnya sendiri.

"Dua gol Persebaya bersih dan kami akui kalah di pertandingan kali ini. Meski keras, tapi pertandingan menarik dengan tensi tinggi, termasuk dukungan Bonek yang luar biasa di stadion," ucap Pelatih Martapura FC, Frans Sinatra, ketika ditemui usai pertandingan.

Dengan hasil ini maka Persebaya berada di peringkat pertama dengan raihan 18 poin hasil sembilan kali bertanding, diikuti Martapura 16 poin, serta PSIM Yogyakarta dan Persatu Tuban yang sama-sama mengkoleksi 14 poin. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017