Surabaya (Antara Jatim) - Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Surya bekerja sama dengan Paguyupan Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Kota Surabaya akan menggelar kegiatan Bursa Sapi Kurban 2017 mulai 1 Agustus- 3 September 2017.
     
"Bursa Sapi Kurban ini merupakan penjualan dan pemotongan sapi kurban serta penyediaan daging sapi kurban sesuai syariat Islam," kata Dirut RPH Surabaya Teguh Prihandoko kepada Antara di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, tujuan dari bursa ini adalah untuk menyediakan sapi kurban yang memenuhi syarat Islam dan tentunya telah mendapatkan pemeriksaan dari dokter hewan.

"Sentralisasi penjualan diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hewan kurban yang diharapkan," ujarnya.

Untuk model penjualan, lanjut dia, RPH melakukan penjualan sendiri dengan mengadakan pembelian hewan kurban di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di daerah Jatim.

Selain itu, lanjut dia, pemotongan hewan di RPH juga bisa mengurangi dampak negatif atas limbah yang dihasilkan selama persiapan, pelaksanaan dan pascapemotongan di lingkungan masjid, institusi dan perumahan.

"Ini juga bisa meningkatkan pendapatan usaha RPH pada saat Hari Raya idul Adha," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, RPH akan melakukan koordinasi dengan beberapa pihak di antaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jatim, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya.

"Ini kami lakukan agar pelaksanaan persiapan pelaksanaan dan pascakegitan kurban dapat berjalan baik," katanya.

Untuk menunjang pendanaan kegiatan kurban, lanjut dia, RPH telah melakukan pembicaraan awal dengan lembaga perbankan maupun pihak lain yang siap untuk memberikan suport pendanaan.

"Tindak lanjut kerja sama pembiayaan kegiatan kurban akan diselesaikan setelah proposal disetujui oleh Pemkot Surabaya," katanya.

Adapun jenis produk yang disediakan RPH yakni sapi, karkas (bagian tubuh sapi yang disembelih selain kepala, kulit, jeroan, kaki dan ekor)  dan paket daging. 

Harga produk untuk paket A berupa sapi seharga Rp14 juta/ekor, paket B untuk sapi Rp17,5 juta/ekor, paket Ç sapi Rp21 juta/ekor, paket premium 1 kurang lebih Rp27 juta/ekor, paket premium 2 kurang lebih Rp32 juta/ekor  dan paket istimewa yakni berat dan harga sesuai permintaan konsumen (harga mulai Rp40 juta/ekor)

Sedangkan jasa pemotongan sampai berupa karkas Rp800 ribu/ekor, jasa pengemasan Rp100 ribu/ekor, jasa pengiriman Rp100 ribu/ekor (dalam radius 3 km dari lokasi penjualan/pemotongan).  (*)


Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017