Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia  III mengajak sebanyak 22 siswa SMA terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah menjelajahi Provinsi Jambi dalam program Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan program BUMN Hadir untuk Negeri.

"Dengan kegiatan ini kami harapkan di benak generasi muda Indonesia akan tertanam rasa bangga dan cinta Tanah Air sebagai bangsa yang memiliki keragaman budaya Nusantara," kata Vice President Corporate Social Responsibility Pelindo III Roy Darma Putera di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan, program ini digagas Kementerian BUMN dengan mengajak ribuan pelajar SMA di Indonesia untuk saling berkunjung ke berbagai provinsi di Tanah Air.

"Kami Pelindo III yang ditunjuk bersama PT Kimia Farma (Persero) dan PT Balai Pustaka (Persero) serta Dinas Provinsi Kalimantan Tengah menjadi fasilitator 22 siswa SMA terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah untuk berpetualang selama seminggu penuh di Provinsi Jambi," katanya.

Dalam kegiatan itu, kata Roy, juga ikut dua siswa difabel di antara puluhan delegasi siswa berprestasi.

Roy menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh BUMN dan bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa, karena para siswa merupakan agen pembangunan bangsa masa depan.

Sementara itu, dalam kegiatan itu nantinya pada siswa setelah berkunjung dan berinteraksi langsung dengan saudara sebangsa di luar kampung halamannya, akan mendapatkan pemahaman nyata tentang keragaman sebagai modal kemajuan Indonesia di masa depan.

"Kami selain menfasilitasi perjalanan para siswa, juga mengajak siswa berkeliling dan melakukan berbagai aktifitas yang berguna dan mendidik selama satu minggu," katanya.

Sedangkan tempat yang akan dijelajahi para siswa antara lain ke rumah adat khas Dayak di Huma betang Buntoi di Kabupaten Pulang Pisau, naik kapal wisata dan menyinggahi desa tradisional, kemudian berkunjung ke yayasan BOSF untuk Belajar tentang Orangutan dan seni tari, serta mengunjungi sekolah Bina Cita Utama Rungan Sari, dan workshop kuliner tradisional.

"Pesan yang kami sampaikan adalah memberi pemahaman atas fungsi BUMN sebagai penyokong perekonomian Indonesia, termasuk Pelindo III yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh provinsi," katanya.

Sementara Direktur Umum dan Human Capital PT Kimia Farma (Persero) Tbk, Arief Pramuhanto mengatakan kegiatan ini sangat penting agar mengenal nusantara, serta bertujuan merangsang pemikiran anak Indonesia.

"Program ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa bangga kepada generasi penerus bangsa akan keberagaman budaya dan kekayaan nusantara, serta memupuk tali persaudaraan dengan sesama anak bangsa," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017