Byuurrr.... Sebuah kano terbalik dan pengendaranya tercebur ke sebuah pantai, namun sang pengendara justru tertawa bersama kerabatnya.

"Karena baru pegang, ya, saya belum bisa menjaga keseimbangan, tapi lama-lama akhirnya bisa juga, kok," ucap  wisatawan asal Bondowoso, Mahbub.

Ya, para pelancong yang datang ke Pantai Semawang, Sanur, Bali (kawasan Banjar Adat Semawang), tidak hanya bisa berenang, namun juga bisa bermain "kano" (perahu kecil yang digerakkan dengan tenaga manusia).

Mahbub yang bermain kano bersama saudaranya bernama Afif itu mengaku bermain kano di Pantai Semawang, Sanur, tidak kalah menyenangkan dibandingkan dengan berenang.

"Ya, menyenangkan, karena pengalaman baru," tutur Mahbub yang mahasiswa pada sebuah perguruan tinggi di Malang itu saat ditemui di pantai itu (2/7).

Senada dengan itu, Afif juga mengaku senang bermain kano. "Senang, karena bisa main kano sepuasnya dengan hanya bayar Rp20.000," ujar siswa kelas 2 SMP di Surabaya itu.

Mahbub dan Afif datang ke Pantai Semawang, Sanur, bersama keluarganya untuk menghabiskan sisa liburan sekolah setelah melakukan silaturahim di kampung halaman.

Tentu, pengelola persewaan kano pun bisa tersenyum. "Ya, lumayan, pengunjung yang menyewa kano di sini cukup banyak dibandingkan hari-hari biasa," ujar pengelola persewaan kano, Aji.

"Dengan kano, anak-anak muda yang hidup di era digital akan tetap mengenal budaya bahari yang diwariskan para leluhur, apalagi jika mereka bisa mencintai bahari," tuturnya.

Untuk satu unit kano cuma Rp20.000 tanpa dibatasi waktunya. Selain kano, pemuda asal Singaraja itu juga menyewakan bola/balon untuk renang.

Untuk bola/balon ukuran kecil Rp5.000, sedangkan bola/balon ukuran besar Rp10.000 untuk sekali sewa untuk main sepuasnya.

"Kalau bukan liburan sekolah, biasanya pengunjung banyak yang datang pada hari Minggu. Kalau ramai, saya bisa membawa pulang penghasilan Rp200.000 sehari," ungkapnya.

Agaknya, Bali yang indah dengan pantai dan pemandangan alam yang masih sejuk, agaknya menjadi pilihan berlibur/wisata bagi masyarakat dari berbagai daerah atau bahkan mancanegara.

Tak terkecuali, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga memilih Bali (kawasan Ubud, Bali) sebagai lokasi berlibur bersama istri dan kedua anaknya pada 23-28 Juni 2017.

Sebelumnya, Raja Salman dari Arab Saudi juga berlibur di Pulau Dewata, bahkan liburan bersama ribuan karyawannya pun diperpanjang dari jadwal. Sang raja bersama para pangeran dan staf berada di Bali pada 4-12 Maret 2017.

Ya, Pantai Semawang di Sanur, Bali, bisa untuk berlibur/berwisata sambil memupuk cinta bahari !.
(*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017