Jember (Antara Jatim) - Penerbangan di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan rute Jember-Surabaya (pergi- pulang) akan bertambah karena maskapai Wings Air dari Lion Group akan menambah rute penerbangan ke Jember.

"Uji terbang perdana akan dilaksanakan pada 31 Juli 2017 dan penerbangan perdana untuk komersial akan dimulai pada 1 Agustus 2017," kata Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief di Jember, Jumat.

Menurutnya okupansi penumpang Garuda Indonesia yang sudah terbang lebih dulu di Bandara Notohadinegoro Jember dengan rute yang sama berkisar 80-90 persen setiap harinya, sehingga wajar ada penambahan maskapai di bandara yang berada di Kecamatan Ajung tersebut.

"Cukup ramai penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember, sehingga hal itu mungkin yang dilirik oleh Wings Air untuk terbang di bandara perintis Jember," tuturnya.

Jadwal penerbangan Wings Air rencananya berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pukul 11.00 WIB dan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember pukul 11.50 WIB, kemudian pesawat terbang lagi ke Surabaya di pukul 12.15 WIB.

Jadwal penerbangan Wings Air tidak akan mengganggu penerbangan Garuda Indonesia yang sudah lebih dulu di Jember karena pesawat Garuda berangkat dari Surabaya pukul 08.50 WIB dan tiba di Jember pukul 09.45 WIB, baru kemudian terbang lagi ke Surabaya pukul 10.20 WIB dan tiba di Surabaya diperkirakan pukul 11.15 WIB.

"Kami berharap dengan penambahan penerbangan di Kabupaten Jember dapat berdampak pada meningkatnya perekonomian dan semakin mudahnya investor untuk datang ke Jember, serta kunjungan wisatawan bisa meningkat," ujarnya.

Sementara Kepala Bandara Notohadinegoro Jember Edi Purnomo mengatakan okupansi Garuda Indonesia rata-rata 85-90 persen, sehingga Bandara Notohadinegoro sudah layak ditambah frekuensi penerbangannya.

"Kebetulan Wings Air punya program menerbangi bandara perintis, sehingga dengan penambahan penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember, maka jadwal penerbangan rute Jember-Surabaya sebanyak dua kali setiap harinya yakni dari maskapai Garuda dan Wings Air," katanya.

Pesawat yang bakal diterbangkan ke Jember oleh pihak Wings Air jenisnya sama dengan milik maskapai Garuda Indonesia yakni jenis ATR 72 yang kapasitas penumpangnya hingga 78 orang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017