Bondowoso (Antara Jatim) - Ratusan calon haji (calhaj) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat mengikuti bimbingan manasik haji massal sebelum melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah.

"Untuk kegiatan hari ini kami menyampaikan materi bimbingan manasik haji massal kepada sebanyak 699 calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini sebelum para calon haji melaksanakan praktik manasik yang rencananya akan dilaksanakan pada 23 Juli 2017," ujar Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso, H Yunus di sela kegiatan di Aula Hotel Palm Bondowoso.

Tujuan memberikan materi bimbingan manasik dan praktek sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, kata dia,  untuk memberikan bekal kepada calon haji agar saat melaksanakan ibadah haji benar dan sah serta sempurna berdasarkan ketentuan syariat.

Setelah mengikuti materi bimbingan manasik haji massal, katanya, selanjutnya mengikuti praktik manasik pada pekan depan dan harapannya calon haji dapat memperoleh hasil yang baik menjadi "Haji Mabrur".

"Materi bimbingan manasik haji massal yang disampaikan diantaranya mulai dari menata niat haji, apa yang harus dilakukan selama di Asrama Haji Surabaya hingga kegiatan selama melaksanakan ibadah haji di Mekkah," ucapnya.

Yunus mengemukakan bahwa jumlah calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini (2107) meningkat atau lebih banyak karena ada tambahan kuota. Pada tahun lalu (2016) jumlah calhaj sebanyak 588 orang dan pada 2017 bertambah sebanyak 699 calon haji.

"699 calon haji Bondowoso akan diberangkatkan pada 5 Agustus 2017 karena pada 6 Agustus 2017 seluruh calon haji harus sudah berada di Asrama Haji Surabaya. Sedangkan kloternya dibagi jadi dua yaitu kloter 33 dan 34," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017