Ngawi (Antara Jatim) - Petugas Koramil Paron, Kodim 0805 Ngawi mengamankan seorang pemuda yang diduga merupakan anggota TNI Angkatan Darat (TNI AD) gadungan alias palsu.
     
Danramil Paron Kapten Sukantri di Ngawi, Rabu mengatakan, pemuda yang ditangkap tersebut adalah Andik Priawan (32) warga Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 
     
"Yang bersangkutan ditangkap dengan mengenakan seragam TNI AD berpangkat sersan kepala," ujar Kapten Sukantri kepada wartawan.
     
Menurut dia, Andik Priawan diamankan saat sedang bermain di rumah temannya warga Desa Semen, Kecamatan Paron, Ngawi yang bernama Dul Rohman. Padahal, sebelumnya yang bersangkutan pernah diketahui warga bekerja sebagai kuli bangunan.
     
Gelagat pelaku yang mencurigakan tersebut, membuat warga setempat akhirnya melapor ke Koramil Paron untuk ditindaklanjuti.
     
Setelah diperiksa, petugas menemukan sejumlah foto perempuan dan perhiasan imitasi pada diri yang bersangkutan. Diduga, tindakan pelaku yang mengaku sebagai anggota TNI AD tersebut adalah untuk mendekati para wanita.
     
"Untuk penanganan lebih lanjut, kami serahkan yang bersangkutan ke Mapolsek Paron. Hal itu agar tidak ada pihak-pihaak yang menjadi korban," kata dia. 
     
Setelah menjalani pemeriksaan di Markas Koramil Paron, Andik lalu dibawa ke Mapolsek Paron. Di situ yang bersangkutan kembali diperiksa.
     
Namun, karena pihak kepolisian tidak menemukan adanya bukti tindak kejahatan, maka yang bersangkutan akhirnya dibebaskan. 
     
Pihak kepolisian meminta masyarakat untuk waspada jika ada oknum atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku menjadi anggota, baik TNI maupun Polri untuk maksud tujuan tertentu. 
     
Jika ada oknum yang melakukan hal tersebut untuk tujuan tindakan kejahatan atau merugikan orang lain serta mencurigakan, hendaknya segera melapor agar dapat segera ditindaklanjuti. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017