Surabaya (Antara Jatim)  - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin berharap instansi Polri yang kini memasuki usia ke-71 tahun akan semakin dicintai masyarakat.

"Mudah-mudahan di usia ini polisi semakin dicintai masyarakat dan bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Kapolda usai peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Surabaya, Senin.

Machfud menambahkan, pihaknya terus bersinergi dengan TNI dan masyarakat dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Dengan sinergi yang baik antara TNI dan masyarakat, kami optimistis bisa menciptakan masyarakat yang sejahtera, menciptakan keadilan dan kemandirian. Harapan kami bisa lebih lagi dicintai masyakarat," kata jenderal bintang dua ini.

Presiden, kata Machfud, sangat mengapresiasi kinerja Polri terutama keberhasilan polisi dalam mengungkap kasus-kasus terorisme.

Saat ditanya terkait bom molotov yang terjadi di Bondowoso, dia menegaskan, pihaknya masih menyelidiki hal itu.

Pangdam V Brawijaya Kustanto Widyatmoko saat dimintai komentarnya mengatakan HUT Bhayangkara ke-71 bisa menjadi momentum yang sangat baik untuk Polri dalam meningkatkan kinerjanya.

"Saya kira momentum ini dapat dimanfaatkan Polri untuk semakin meningkatkan kinerjanya, meningkatkan profesionalitasnya, semakin dekat dengan rakyat dan semakin mampu menjawab tantang kamtibmas yang saat ini semakin kompleks dan terus meningkat," kata dia.

Dia yakin dengan kerja sama semua pihak serta sinergi Polri dan semua instansi, khususnya masyakarakat, Polri bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sementara ditanya upaya TNI bersama Polri untuk upaya menangani radikalisme, dia mengatakan TNI akan selalu bersama dengan Polri, dengan instansi lain dan masyarakat untuk setidaknya mengingatkan masyarakat akan bahaya radikalisme.

"Selain itu, kami mengajak mereka yang terlibat untuk kembali ke jalan yang benar dengan mengikuti pedoman yang berlaku di negara ini," tuturnya.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke-71 dengan inspektur upacara Gubernur Jawa Timur Soekarwo itu diwarnai beragam atraksi dan tarian daerah serta diikuti tujuh kompi pasukan dari Brimob, Satlantas, Reserse, Sabhara, intel, TNI, Dinas Perhubungan.(*) 

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017