Surabaya (Antara Jatim) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Kanwil Kemenag Jatim) merampungkan proses verifikasi dan validasi paspor calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. 
     
"Insha Allah hasil verifikasi dan validasi paspor calon jamaah haji yang akan berangkat dari Embarkasi Surabaya hari ini sudah kami kirim ke Kemenag Jakarta semuanya," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Achmad Faridul Ilmi saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat. 
     
Dia mengatakan dari total 36.640 calon jamaah haji yang akan berangkat dari Embarkasi Surabaya, hingga kemarin telah terverifikasi dan tervalidasi sebanyak 33.710 paspor. 
     
"Jadi sudah 94 persen yang sudah masuk ke sini dan semuanya sudah kami proses verifikasi dan validasi," ujarnya. 
     
Kanwil Kemenag Jatim tinggal menunggu sisanya yang masih diurus di daerah. "Pengurusan paspor ini kan dari daerah asal masing-masing calon jamaah haji. Yang belum masuk sejumlah 1.560 paspor," katanya, menjelaskan.
     
Farid memastikan 1.560 paspor itu akan masuk ke Kanwil Kemenag Jatim pada hari ini semuanya. "Begitu masuk akan segera kami proses verifikasi dan validasi sehingga insyaallah nanti sore sudah selesai semuanya dan hasilnya segera kita kirim ke Jakarta," ucapnya. 
     
Sebanyak 36.640 calon jamaah haji yang akan berangkat dari Embarkasi Surabaya berasal dari tiga provinsi, yaitu Jawa Timur 35.270 orang, Bali 700 orang dan Nusa Tenggara Timur 670 orang.
     
Keberangkatan mereka terbagi dalam 83 kelompok terbang (kloter) menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines Type Boeing 747-400 dimulai pada tanggal 28 Juli hingga terakhir 26 Agustus.
     
"Kloter pertama Embarkasi Surabaya adalah calon jamaah haji asal Kediri. Mereka akan masuk ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada 27 Juni dan berangkat ke tanah suci pada 28 Juni," katanya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017