Surabaya (Antara) - PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur memberangkatkan sebanyak 608 penumpang tujuan Jakarta menggunakan angkutan kereta api melalui Stasiun Pasar Turi Surabaya, Minggu.

"Ini adalah bagian dari program mudik bareng bersama BUMN Hadir untuk Negeri, yang dilanjutkan dengan arus balik," ujar Kepala PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur Muhammad Evert Yulianto kepada wartawan di sela keberangkatan.

Bertajuk "Mudik Bareng Guyub Rukun", dalam program ini PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur menggandeng perusahaan BUMN lainnya, yaitu PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya.

Dia mengatakan program mudik gratis menggunakan angkutan kereta api oleh PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur sudah berjalan sejak sepuluh tahun terakhir.

"Tahun ini adalah program mudik gratis kereta api yang kesepuluh, serta tahun ketiga program BUMN Hadir untuk Negeri," katanya.

Evert meyakini program mudik gratis, khususnya melalui angkutan kereta api, dapat mencegah angka kecelakaan dan mengurai kemacetan di jalan raya.

"Mereka mendapat kenyamanan dalam program mudik gratis. Keselamatan mereka juga terjamin sampai tujuan," ucapnya.

Dia memaparkan program mudik gratis arus balik menggunakan angkutan kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Turi Surabaya tujuan Jakarta ini akan singgah di beberapa titik stasiun.

"Ada beberapa titik stasiun di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang disinggahi, penumpang mudik gratis ini bisa turun dan naik dari titik-titik stasiun tersebut, dengan tujuan akhirnya adalah Jakarta," katanya.

Dia menambahkan, selain menggelar mudik gratis angkutan kereta api, PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur sebelumnya juga telah memberangkatkan program mudik gratis angkutan darat menggunakan bus.

"Kami sediakan sebanyak 50 bus dengan kuota sebanyak 2 ribu penumpang ke berbagai tujuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah," ujarnya.

Untuk program mudik gratis angkutan darat menggunakan bus ini telah diberangkatkan sejak sebelum Lebaran lalu. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017