Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyiapkan beberapa agenda pentas seni untuk menghibur para pengunjung wisata budaya Goa Selomangleng, Kediri, saat libur Lebaran 2017.
     
"Di wisata Goa Selomangleng kami siapkan beragam fasilitas, baik parkir maupun hiburan seperti kesenian jaranan, musik dangdut," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Senin.
     
Ia mengatakan, kawasan wisata Goa Selomangleng memang fokus pada wisata budaya dan tempat ini sudah lama ada. Di tempat ini, selain ada Goa Selomangleng ini menurut sejarah merupakan goa tempat pertapaan Dewi Kilisuci. Goa ini berada di kaki Gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.
     
Selain itu, di tempat ini juga terdapat museum yang berisi beragam benda bersejarah yang ditemukan di Kota Kediri. Beragam benda itu disimpan rapi di dalam museum.
     
Nur mengakui, karena di tempat ini merupakan kawasan wisata budaya, secara fisik tidak terlalu banyak perubahan, sebab terdapat zonasi yang tidak boleh terlalu banyak perubahan.
     
Namun, di tempat ini, juga terdapat beragam fasilitas yang sudah dibangun, misalnya tempat renang. Pemerintah kota juga menyiapkan untuk mempercantik tempat ini dengan kebun bunga agar pengunjung bisa swafoto. Selain itu, beragam tempat bermain disediakan seperti "flying fox", kereta kelinci, hingga komedi putar. 
      
Sementara itu, terkait dengan tarif masuk tidak ada perubahan dan masih menggunakan tarif yang lama. Untuk tiket masuk rencana juga masih diterapkan pada harga yang lama. Untuk orang dewasa Rp2.000 per orang, dan untuk tiket anak Rp1.000 per orang. Sementara itu, saat akhir pekan maupun liburan hari besar harga tiketnya berubah, yaitu dewasa Rp4.000 dan anak-anak Rp2.000.
    
Pemerintah kota menargetkan, jumlah pengunjung juga naik dratis saat libur Lebaran 2017. Di hari biasa, jumlah pengunjung sekitar 200-500 orang, namun saat libur Lebaran 2017 ditargetkan bisa hingga 2.000 pengunjung. 
     
"Tarif itu tetap, tidak bisa diubah-ubah. Namun, kami berharap bisa meningkatkan pendapatan," katanya.
     
Ia juga meminta pengunjung untuk berhati-hati, mengingat saat libur Lebaran 2017, jumlah pengunjung juga meningkat. Selain menjaga diri dan keluarga, diharapkan menjaga barang bawaan, guna meminimalisir tindak kejahatan. 
     
Saat ini, jumlah pengunjung ke wisata Goa Selomangleng Kediri, juga sudah banyak. Mereka ingin menghabiskan wisata di tempat ini, sekaligus memberikan edukasi pada anak-anak mereka. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017