Bangkalan (Antara Jatim) - Puluhan kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Ujung Surabaya menumpuk di Pelabuhan Kamal, Bangkalan, Jawa Timur, Minggu malam akibat pengelola pelabuhan, PT Angkutan Sungai Danau dan Peyeberangan (ASDP) setempat, hanya mengoperasikan dua unit kapal.
      
Mereka adalah pengendara roda empat dan roda dua warga Madura, yang telah berlebaran di kampung halamannya dan akan kembali ke tempat asalnya.
     
"Saya pilih naik angkutan ferry melalui Pelabuhan Kamal untuk kembali ke Surabaya karena lebih dekat dari rumah. Kalau lewat Jembatan Suramadu terlalu jauh," kata Aulia Millatillah, salah seorang penumpang ferry, yang baru saja berlebaran di rumah orang tuanya di Perumnas Kamal, Bangkalan, saat ditemui di Pelabuhan Kamal.
     
Perempuan berusia 42 tahun yang mengendarai mobil Suzuki Katana itu tidak menyangka terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Kamal karena ferry yang beroperasi malam itu hanya sebanyak dua unit.
     
"Kalau tahu terjadi antrean begini mending lewat Jembatan Suramadu," ucapnya.
     
Dia menggambarkan antrean kendaraan di Pelabuhan Kamal memang tidak terlalu panjang. "Lebih tepatnya terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan karena ferry yang beroperasi tidak sebanding dengan banyaknya penumpang," katanya.
     
Dampaknya, para penumpang mengalami keterlambatan sekitar 2 jam untuk tiba di Surabaya yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Kamal.
     
Sebagai konsumen Aulia merasa dirugikan. "Harga tiket mobil untuk angkutan ferry Ujung - Kamal Rp46.500, kalau lewat Suramadu cuma Rp15 ribu dan hanya sekitar 30 menit sudah sampai Surabaya," katanya, membandingkan.
     
Belum lagi dia menyebut petugas tiket di Pelabuhan Kamal kerap mengambil keuntungan pribadi dari uang pengembalian pecahan receh yang semestinya menjadi hak para penumpang.
     
"Tadi saya kasih uang Rp50 ribu untuk tiket, hanya diberi kembalian uang Rp3 ribu. Rp500-nya masuk kantong pribadi. Itu sudah kebiasaan lama. Dia ambil untung dari uang pengembalian receh milik penumpang," ucapnya.
     
Kepala Cabang ASDP Surabaya Jufri selama dua hari terakhir tidak dapat dihubungi. Telepon seluler pria yang belum lama menjabat Kepala Cabang ASDP Surabaya itu mati.
     
Beberapa petugas ASDP di Pelabuhan Kamal menginformasikan pihaknya mengoperasikan dua unit ferry meski terjadi lonjakan penumpang sejak sore tadi dengan alasan air laut sedang surut.
     
"Sebelumnya sejak kemarin kami operasikan tiga unit ferry," ujar seorang petugas ASDP di Pelabuhan Kamal. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017