Sumenep (Antara Jatim) - Sejumlah kapal motor penumpang milik dua perusahaan pelayaran atau operator yang biasanya melayani rute ke sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu, tak beroperasi.

"Kami tidak mengoperasikan kapal hanya sehari, yakni pada Minggu ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kapal kami akan beroperasi lagi sebagaimana mestinya sejak Senin (26/6)," kata Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Cabang Kalianget, Moh Darmawan melalui telepon, Minggu.

PT DDU adalah anak perusahaan pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang menjadi operator di lintasan Kalianget (Sumenep)-Jangkar (Situbondo), Kalianget-Sapudi (Sumenep)-Jangkar, dan Kalianget-Raas (Sumenep)-Jangkar.

PT DDU mengoperasikan dua kapal, yakni Kapal Satya Kencana dan Kapal Dharma Kartika untuk melayani sejumlah lintasan tersebut.

"Pada Senin (26/6), Kapal Satya Kencana akan beroperasi di lintasan Kalianget-Jangkar dan Kapal Dharma Kartika di lintasan Kalianget-Sapudi-Jangkar," kata Darmawan, menerangkan.

Selain PT DDU, manajemen PT Sumekar juga tidak mengoperasikan kapalnya pada Minggu ini dan akan kembali melayani lintasan Kalianget-Kangean (Sumenep) pada Selasa (27/6).

PT Sumekar adalah operator yang mengoperasikan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I di lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Minggu, Selasa, dan Jumat.

"Pada Minggu ini, kapal kami tidak beroperasi dan akan mulai melayani lintasan Kalianget-Kangean sebagaimana jadwal yang semestinya sejak Selasa (27/6)," kata Manajer Operasional PT Sumekar, Bambang Supriyo. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017