Malang (Antara Jatim) - PT Angerah Citra Abadi (ACA) Kota Malang menghadiahkan sekitar 30 ribu sajadah bagi jamaah yang melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah yang digelar di halaman kantor perusahaan tersebut, Minggu.

Sejak sebelum subuh, puluhan ribu jamaah shalat Idul Fitri sudah memadati tempat shalat yang disiapkan di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto yang sudah dilengkapi dengan karpet dan sajadah puluhan ribu buah untuk menyempurnakan ibadah shalat para jamaah.

Bertindak sebagai imam dan khatib alam eplaksanaan shalat Idul Fitri tersebut adalah KH Zainul Rozikin dari Malang. Dalam khutbahnya KH Zainul Rozikin menyampaikan pentingnya silaturrahim antarmanusia. "Setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh dan kita sempurnakan dengan zakat fitrah dan kita tutup dengan saling memaafkan usai shalat Id," ujarnya.

Usai shalat Idul Fitri, Direktur Utama PT ACA Iwan Kurniawan juga menyediakan puluhan ribu porsi berbagai jenis masakan untuk menjamu jamaah sekaligus berhalal bi halal bersama warga.

Selama Ramadhan, PT ACA melakukan safari (road show) ke berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten dan Kota Malang untuk memberikan santunan dan bantuan peralatan sekolah bagi anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

"Ada sekitar 30 ribuan kaum dhuafa an anak yatim yang mendapatkan bantuan ini, namun untuk tahun ini kami juga banyak mengunjungi kiai-kiai di seluruh wilayah Malang," ujarnya.

Sementara itu, puluhan ribu umat Muslim juga memadati halaman masjid Jami hinggaALun-alun Malang menunaikan shalat Idul Fitri. Karena shalat Idul Fitri jatuh pada hari Minggu dan bersamaan dengan misa di gereja yang berdekatan dengan masjid tersebut, pengurus gereja memustuskan untuk menunda pelaksanaan misa setelah shalat Id selesai.

Masjid Jami' Kota Malang yang berada di kawasan Alun-alun Malang berdekatan dengan Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel dan Gereja Kayutangan. Bahkan, jamaah shalat Idul Fitri juga banyak yang memanfaatkan halaman kedua gereja tersebut, sehingga misa Minggu pagi ditunda hingga shalat Id selesai.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017