Pamekasan (Antara Jatim) - Umat Islam di Kota Pamekasan, Jawa Timur, Minggu pagi mulai berduyun-duyun mendatangi masjid As-Syuhada yang merupakan masjid terbesar di wilayah itu, guna menunaikan ibadah Shalat Id.

Tidak kurang dari lima ribu jamaah Minggu pagi sekitar pukul 05.50 WIB telah memadati masjid agung itu, bahkan jamaah hingga meluber ke area Monumen Arek Lancor yang berjarak sekitar 500 meter dari halaman masjid.

Wartawan Antara di Pamekasan melaporkan, lokasi shalat Id umat Islam di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan ini berdekatan dengan tempat ibadah umat Nasrani, yakni Gereja Katolik.

Bahkan sebagian muslim ada yang hendak menunaikah shalat Id di depan gereja tersebut.

Bertindak sebagai Khotib dan Imam di Masjid Agung As-Syuhada kali ini Dr KH Ahmad Buchory Muslim yakni Imam Besar Masjid Istana Presiden dan Wakil Presiden Jakarta dan Direktur An Nahl Institute Jakarta dengan khatib cadangan Drs Muarif Tantowi dan bilal Ustat Abd Madjid dan cadangan Ustat Ahmad Mudassir.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga shalat di Masjid Agung ini.

Shalat Id mulai pukul 06.00 WIB dan pada pukul 06.23 WIB selesai dan dilanjutkan dengan khotbah oleh khotib Dr KH Ahmad Buchory Muslim yang sekaligus menjadi imam dalam shalat itu.

Sementara, Polres Pamekasan menerjunkan sedikitnya 230 personel gabungan dari berbagai satuan, seperti satuan lalu lintas, reskrim dan sabhara, guna mengamankan Shalat Id umat Islam di Masjid Agung As-Syuhada hingga di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan ini.

Shalat Id di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan hingga di area monumen Arek Lancor ini, tidak terpisah antara jamaah laki-laki dan perempuan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017