Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Himawan Bayu Aji menginstruksikan kepada anggota khususnya dari babinkamtibmas untuk melakukan patroli terhadap rumah kosong yang ada di wilayah setempat untuk mengantisipasi terjadinya tindakan yang tidak diinginkan saat Lebaran 2017.

"Kami menginstruksikan kepada anggota untuk selalu melakukan patroli terhadap rumah warga yang ditinggalkan penghuninya untuk mudik Lebaran supaya tidak terjadi tindakan yang tidak diinginkan," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo,Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk selalu melaporkan dan menitipkan rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya supaya petugas bisa dengan mudah melakukan pemantauan.

"Masyarakat bisa memberitahukan kepada petugas jika rumah mereka ditinggal mudik Lebaran supaya petugas bisa mengecek dan melakukan patroli di titik-titik rumah yang ditinggal mudik penghuninya ini," ucapnya.

Selama pelaksanaan Lebaran, dirinya juga melarang masyarakat untuk masyarakat yang ingin melaksanakan takbir keliling supaya tidak membahayakan masyarakat lainnya.

"Kami melarang pelaksanaan takbir keliling dan menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan takbir di tempat masing-masing supaya pelaksanaan bisa lebih khusyuk," ucapnya.

Sampai dengan H minus 2 ini pihaknya juga belum menerima laporan adanya kecelakaan lalu lintas di sejumlah lokasi di wilayah hukum Kabupaten Sidoarjo.

"Laporan tentang kejadian kecelakaan juga belum kami terima, dan kami akan terus memantau kondisi lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo ini. Kami memprediksikan jumlah pemudik akan mengalami peningkatan pada malam nanti atau besok pagi mengingat saat ini hari terakhir masuk kerja," katanya.

Selama Lebaran ini pihaknya juga memberikan  zakat fitrah kepada masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar lingkungan m
Mapolresta Sidoarjo supaya bisa merasakan kebahagiaan saat Lebaran ini.

"Kami berharap apa yang sudah kami lakukan ini bisa memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat kurang mampu di sekitar Mapolresta Sidoarjo karena siapa yang mampu sudah menjadi kewajibannya membantu yang kurang mampu," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017