Lumajang (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyerahkan 21 ambulans desa kepada kepala desa di pendapa pemerintah kabupaten setempat, Kamis.

"Penyerahan ambulans desa itu untuk mewujudkan cita – cita besar Kabupaten Lumajang, yakni satu desa satu ambulans," kata Bupati Lumajang As'at Malik di Lumajang.

Dengan penyerahan 21 ambulans desa tersebut, maka Pemkab Lumajang sudah menyerahkan 169 ambulans dengan rincian 165 ambulans untuk desa dan empat ambulans untuk pondok pesantren.

Menurutnya pemberian ambulans desa bertujuan untuk mempercepat pelayanan kesehatan dalam sistem rujukan dari desa ke unit rujukan kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. 

"Dengan adanya ambulans desa, masyarakat dipermudah untuk mendapatkan perawatan dan pertolongan segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat, sehingga dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas," tuturnya.

Menurut dia, Pemkab Lumajang memberikan bantuan ambulans desa itu dengan sistem pinjam pakai, sehingga kepemilikan ambulans tetap dimiliki oleh pemkab dan hanya penggunaan dan pemeliharaan di bawah tanggung jawab pemerintah desa. 

"Untuk biaya operasional ambulans, Pemkab menginstruksikan pemerintah desa mengalokasikannya dari Alokasi Dana Desa (ADD)," katanya.

Penyediaan ambulans desa di Lumajang memang cukup serius dan setiap ambulans dilengkapi peralatan kesehatan standar, seperti tensi meter, stetoskop, tabung oksigen, regulator, sungkup untuk dewasa dan anak-anak, serta satu bran car. 

Secara operasional, lanjut dia, pemanfaatan ambulans desa itu digunakan untuk pelayanan rujukan ibu hamil, ibu bersalin, pasien kegawatdaruratan. 

"Tolong dimanfaatkan sesuai petunjuk, gunakan ambulans itu sebaik mungkin untuk melayani masyarakat, permudah masyarakat dalam penggunaannya," ucap As'at.

Bupati menambahkan ambulans tersebut juga bisa digunakan untuk kejadian luar biasa (KLB) bidang kesehatan dan bencana, pelayanan promosi kesehatan, kegiatan posyandu, safari KB dan bakti sosial.

Ambulans desa tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Lumajang As’at Malik kepada 21 kepala desa di Pendopo Pemkab Lumajang dan setelah memberikan ambulans tersebut, Bupati Lumajang didampingi Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Triworo Setyowati berkesempatan mengecek kelengkapan peralatan dan sarana pendukung lainnya. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017