Jember (Antara) - Kursi penerbangan Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember penuh untuk keberangkatan pada "H-3" Lebaran 2017 atau Kamis hingga Minggu (25/6) seiring dengan meningkatnya pemudik yang pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Hari ini okupansi keberangkatan dari Surabaya-Jember mencapai 100 persen, sedangkan untuk rute Jember-Surabaya 81,4 persen dari kapasitas pesawat 70 kursi," kata Manajer PT Garuda Indonesia Area Jember Heru Joko Satria di Kabupaten Jember.

Menurutnya moda transportasi udara menjadi salah satu pilihan masyarakat Jember yang menginginkan pulang ke kampung halamannya lebih cepat dibandingkan jalur darat, namun keterisian kursi pesawat sejak "H-7" Lebaran atau Minggu (18/6) masih normal.

"Idealnya kepadatan arus mudik di bandara dapat terlihat pada 'H-7' Lebaran, namun di Bandara Notohadinegoro Jember baru terpantau cukup padat pada 'H-3' Lebaran 2017 seiring dengan habisnya tiket yang terjual," tuturnya.

Ia mengatakan karakteristik penumpang pesawat Garuda di Jember adalah pebisnis, bahkan jutsru sepi penumpang ketika liburan atau "long weekend", namun pihak Garuda optimistis terjadi peningkatan pada arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Kalau hari efektif, keterisian kursi berkisar 75-80 persen dari 70 tempat duduk, sedangkan pada hari libur atau akhir pekan yang panjang justru okupansinya menurun yakni 60-65 persen," katanya.

Heru menjelaskan puncak kepadatan penumpang arus mudik Lebaran 2017 dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Notohadinegoro Jember terjadi sejak pada "H-3" Lebaran 2017, namun tiket untuk arus balik dari Jember menuju ke Surabaya sudah terisi lebih dari 50 persen.

"Sebagian besar warga Jember masih menggunakan transportasi lain untuk pulang ke kampung halamannya seperti bus dan kereta api," ujarnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Jember Edy Purnomo mengatakan arus mudik di bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung sudah mulai terlihat pada "H-4" Lebaran 2017.

"Operasional bandara terpantau lancar saat arus mudik dan balik Lebaran, namun terlihat kepadatan penumpang yang tiba di Bandara Notohadinegoro Jember dibandingkan warga yang terbang ke Surabaya," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017