Situbondo (Antara Jatim) - Froum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Situbondo, Jawa Timur, Rabu sore meninjau tempat peristirahatan (rest area) bagi pemudik di Jalur Pantura Kawasan Hutan Baluran Situbondo guna memastikan pemudik dapat beristirahat aman dan nyaman di daerah hutan itu.

"Kami bersama Wakil Bupati Yoyok Mulyadi dan Kapolres Situbondo AKBP Dany Setiyono serta Komandan Kodim 0823/ Situbondo Ashari dan sejumlah dinas terkait meninjau 'rest area' yang sejak tahun lalu sudah dibuka guna mengevaluasi pelayanan bagi pemudik," ujar Bupati Situbondo Dadang Wigiarto kepada sejumlah wartawan di sela peninjauan tempat peristirahatan pemudik di Jalur Pantura Kawasan Hutan Baluran Situbondo.

Ia mengemukakan, untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini (2017) di sepanjang jalur Hutan Baluran telah disediakan tempat peristirahatan bagi para pemudik yang melintas di jalur tersebut dan salah satunya di objek wisata Waduk Bajulmati., Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih dan berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi.

Pemerintah daerah, katanya, masih perlu mengevaluasi jalur pantura Hutan Baluran yang memiliki panjang sekitar 20 kilometer itu yakni terkait dengan penerangan jalan yang masih kurang.

"Para pemudik yang beristirahat di "rest area" tengah hutan ini juga dapat menikmati pamandangan alam dan air yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari lokasi tempat peristirahatan yakni objek wisata Waduk Bajulmati," katanya.

Sementara Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi mengatakan, tempat peristirahatan di Hutan Baluran adalah salah satu "rest area" yang baru dibangun di sekitar pintu masuk lokasi wisata air dan alam Waduk Bajulmati pada tahun lalu.

"Para pemudik yang beristirahat di sini disediakan fasilitas-fasilitas seperti mushalla, toilet, dan juga ada sejumlah saung produk UMKM Situbondo," paparnya.

Dari pantauan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Situbondo selain meninjau tempat peristirahatan di kawasan Hutan Baluran juga meninjau pos pengamanan dan pos pelayanan pemudik di sepanjang Jalur Pantura Situbondo. (*) 
Video oleh: Novi  Husdnariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017