Banyuwangi (Antara Jatim) - Safari Ramadhan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember membangun mandi cuci kakus (MCK) dan pemasangan penerangan PLN rumah tangga bagi warga di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Vice President PT KAI Daop 9 Jember Hendro Gunawan mengatakan PT KAI merupakan BUMN milik rakyat, membangun untuk rakyat, sehingga harus memberikan yang terbaik untuk rakyat, salah satunya adalah dengan kegiatan "Safari Ramadhan PT KAI".

"Kami membuat 10 unit sarana MCK rumah tangga dan elektrifikasi rumah tangga dengan memasang 10 unit penerangan PLN rumah tangga (450 VA) bagi warga sekitar Kecamatan Kalibaru," tuturnya di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, lanjut dia, PT KAI menggelar pasar murah di Kantor Kecamatan Kalibaru dengan menjual sebanyak 250 paket bahan pokok yang terdiri dari 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan gula pasir, dengan total paket sembako seharga Rp150.000.

"Paket sembako senilai Rp150 ribu dijual kepada warga kurang mampu yang mendapatkan kupon dengan harga Rp25.000, sehingga dapat terjangkau bagi warga miskin di Kecamatan Kalibaru," katanya.

Hendro mengatakan berbagai kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Kalibaru sebagai wujud nyata kepedulian PT KAI dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu, agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau khususnya menjelang Lebaran.

"Dengan kegiatan itu, diharapkan masyarakat sekitar dapat bekerjasama menjaga keamanan perjalanan kereta api dengan tidak melempari batu ke arah kereta api yang lewat ataupun menaruh batu di atas rel karena membahayakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif mengatakan kegiatan itu bentuk kepedulian perusahaan dan tanggung jawab sosial serta membangun citra positif khususnya kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi melalui Program CSR di Kecamatan Kalibaru.

"Kami berharap masyarakat sekitar rel KA dapat bekerjasama dengan menjaga keamanan perjalanan kereta api dengan tidak melempari batu kereta api yang lewat ataupun menaruh batu di atas rel," katanya.

Hasil dari penjualan pasar murah PT KAI Daop 9 tersebut senilai Rp6.250.000 akan disumbangkan kepada Takmir Masjid As Sa’ad di wilayah setempat, setelah acara kegiatan pasar murah selesai dilaksanakan.

Ia menjelaskan kegiatan safari Ramadhan Daop 9 Jember digelar sebanyak dua kali yakni Kecamatan Panarukan di Kabupaten Sitobondo, dan Kecamatan Kalibaru di Kabupaten Banyuwangi, sehingga diharapkan kegiatan PT KAI dapat bermanfaat bagi warga di wilayah Daop 9 Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017