Sumenep (Antara Jatim) - Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora, Selasa mengecek kondisi calon penumpang kapal yang berada di terminal penumpang Dermaga III Pelabuhan Kalianget.

"Kami sengaja datang ke Kalianget, salah satunya untuk melihat dari dekat kondisi calon penumpang kapal. Informasinya, sebagian dari mereka menginap di terminal penumpang untuk menunggu pemberangkatan kapal," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur.

Selain itu, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan pimpinan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget untuk mengetahui jadwal pemberangkatan kapal.

Koordinasi merupakan hal yang perlu dilakukan sebagai bahan atau pedoman guna mengetahui kedatangan penumpang kapal maupun calon penumpang kapal ke Pelabuhan Kalianget.

"Mudik itu merupakan perjalanan yang sering kali menguras energi dan selanjutnya pemudik rawan menjadi korban kejahatan konvensional, seperti kecopetan," kata Pinora, menerangkan. 

Ia menjelaskan, pihaknya menyiagakan anggota di setiap tempat atau lokasi yang berpotensi terjadi penumpukan calon penumpang kapal.

"Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik. Jumlah anggota yang kami siagakan di setiap ada penumpukan calon penumpang kapal pada kisaran 10-12 personel dan bisa lebih jika memang dibutuhkan," katanya.

Ketika berada di terminal penumpang dermaga III Pelabuhan Kalianget, Pinora sempat berbincang dengan sejumlah calon penumpang kapal yang akan ke Kangean dan Sapeken. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017