Surabaya (Antara Jatim) - Legislator meminta Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surabaya Mujiaman Sukirno yang baru dilantik pada Jumat (16/6) mempercepat reformasi birokrasi di internal PDAM.
     
"Tantangan kedepan bagi dirut PDAM untuk menyelesaikan banyak pekerjaan rumah," kata anggota Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Achmad Zakaria kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, selama dua tahun terakhir ini, PDAM Surabaya dipimpin pejabat sementara setelah proses rekrutmen calon dirut terkatung-katung sejak 2015. Proses rekrutmen sempat diulang dua kali dalam rentan waktu 2015-2017. Dengan demikian, pejabat sementara dirut diperpanjang sebanyak tiga kali.      

Dampak dari semua itu, kata dia, sejumlah kebijakan strategis selama dua tahun tidak bisa dilakukan oleh pejabat sementara dirut seperti halnya mutasi, promosi dan rekrutmen. 

"Tentunya dengan terpilihnya dirut yang baru harus mempercepat reformasi birokrasi di PDAM," ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa pekerjaan rumah yang juga membutuhkan penanganan cepat seperti halnya masalah aset PDAM dan keluhan masyarakat terkait pelayanan seperti adanya gangguan, distribusi, kejernian air dan lainnya.

"Semua itu laporan masyarakat itu disampaikan ke DPRD Surabaya, tentunya semua itu harus dituntaskan," ujarnya.

Begitu juga terkait proyek investasi yang itu berkaitan langsung atau tidak langsung dengan distribusi air ke masyarakat. "Kalau proyek tidak menguntungkan tidak perlu dilanjutkan, tapi kalau proyek menguntungkan bagi masyarakat dan keuangan perusahaan ya tentunya harus dijadwalkan ulang," ujarnya. 

Zakaria juga mendorng agar PDAM Surabaya juga harus melakukan diservikasi (penganekaragaman) usaha perlu dilakukan karena beban operasional naik termasuk listrik. Namun demikian, lanjut dia, tidak boleh gegabah menaikkan tarif PDAM karena masyarakat sudah terbebani dengan adanya kenaikan listrik, BBM, sembako dan lainnya.

"Untuk itu dirut harus melakukan redesain diservikasi usaha tanpa membebani masyarakat," katanya.

Manager Administrasi dan Humas PDAM Surya Sembada, Ari Bimo Sakti mengatakan usai dilantik, dirut baru langsung bekerja dengan mengumpulkan para manajer untuk melakukan kordinasi dan membicarakan program PDAM kedepan.  

Pada saat pertemuan dengan para manajer, dirut PDAM menyampaikan prolog gaya kerjanya supaya segera sejalan dengan para bawahannya. "Gaya kerjanya koordinatif,  mengakomodisi inovasi,  tegas dan disiplin," katanya.

Diketahui Direktur Utama PDAM Surabaya Mujiaman merupakan salah satu orang yang berpengalaman di bidang industri air. Sebelumnya ia adalah petinggi setingkat General Manager di perusahaan multinasional, Ecolab. (*)
Video oleh: Abdul Hakim

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017