Surabaya (Antara Jatim) - Legislator mengusulkan program beasiswa jalur mitra warga diberlakukan juga untuk para siswa yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta di Kota Surabaya.

Anggota Komisi D Bidang Pendidikan DPRD Surabaya Ibnu Shobir, di Surabaya, Minggu, mengatakan daya tampung sekolah negeri hanya lima persen, sedangkan jumlah kelulusan untuk jalur mitra warga itu bisa mencapai sepuluh persen.

"Solusinya sekolah swasta harus dilibatkan dalam menangani pendidikan di Surabaya. Sekolah-sekolah swasta yang ada di Surabaya harus diberdayakan," katanya.

Menurut dia, yang harus dipahami bahwa jalur mitra warga ini untuk siswa yang memiliki latar belakang keluarga tidak mampu. Mereka yang lolos harus bisa membuktikan dengan dokumen misalnya pemegang surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau masuk dalam daftar keluarga penerima beras untuk masyarakat miskin (raskin).

"Kami berharap dinas pendidikan segera menyelesaikan komunikasinya dengan musyawarah kepala sekolah swasta (MKSS). Komunikasi itu segera disosialisasikan, agar tidak membuat panik para wali murid, jika ternyata putranya tidak tertampung di sekolah negeri," katanya.

Hal sama juga dikatakan anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya Sugito. Ia mengatakan daya tampung program mitra warga untuk sekolah negeri selama ini sangat terbatas.

"Kami dimintai pendapat soal kuota jalur mitra warga untuk sekolah-sekolah swasta oleh dinas pendidikan karena selama ini sekolah negeri tidak bisa menampung hasil kelulusan siswa secara keseluruhan," katanya.

Menurut dia, masyarakat Surabaya masih beranggapan bahwa jalur mitra warga itu hanya untuk sekolah negeri. Padahal, lanjut dia, jika diarahkan ke sekolah swasta, juga akan mendapatkan fasilitas sama yakni pendidikan gratis karena ditanggung APBD Kota Surabaya.

"Jumlah kelulusan dan daya tampung sekolah negeri memang sangat tidak berimbang. Oleh karenanya, sekolah swasta diharapkan bisa menampung program ini. Tentu dengan beberapa prasyarat, termasuk soal akreditasi sekolah swasta tersebut," ujar dia.

Ia mendapatkan informasi bahwa di beberapa sekolah swasta unggulan telah bersedia menerima program jalur mitra warga. Program ini sebagai wujud kepedulian Pemkot Surabaya di bidang pendidikan agar jangan sampai ada anak putus sekolah karena orang tuanya tidak mampu membiayai sekolah.

"Bagi kami, ini adalah kabar positif karena akan semakin banyak siswa tidak mampu yang bisa mendapatkan pendidikan layak," katanya.(*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017