Sumenep (Antara Jatim) - Petugas gabungan dibantu nelayan Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berhasil mengevakuasi 360 penumpang kapal mudik gratis dengan rute Jangkar (Situbondo)-Raas yang kandas di perairan setempat.

"Sesuai laporan terakhir dari pimpinan Polsek Raas, evakuasi terhadap seluruh penumpang kapal mudik gratis itu telah tuntas. Semuanya selamat," ujar Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi dalam keterangan pers, Minggu dini hari.

Saat ini, 360 penumpang kapal mudik gratis Jangkar-Raas yang bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada Sabtu (17/6) pukul 15.00 WIB itu telah berada di daratan dan bertemu dengan kerabatnya.

Pada Sabtu (17/6) sekitar pukul 17.00 WIB, Kapal Express Bahari C-9 yang merupakan armada mudik gratis dan mengangkut 360 penumpang tersebut, kandas di Perairan Pulau Kalosot, Desa Brakas, Raas.

Kapal itu diduga tersangkut karang dan selanjutnya tidak bisa melakukan pergerakan pada posisi sekitar 1 mil dari Pelabuhan Raas.

"Saat ini, di kapal hanya terdapat 12 kru kapal. Sesuai hasil evaluasi awal mereka, baling-baling kapal mengalami kerusakan akibat kandas," kata Suwardi, menambahkan.

Ia juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam kasus kandasnya kapal mudik gratis tersebut.

Program kapal mudik gratis dengan rute Jangkar-Raas itu merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2017.

Pada Sabtu (17/6), kapal tersebut melayani dua kali mudik gratis dari Jangkar ke Raas, yakni bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada pukul 09.00 WIB (tahap pertama) dan pukul 15.00 WIB (tahap kedua).

Kapal itu mengalami kandas ketika dalam proses melayani mudik gratis untuk jadwal pemberangkatan tahap kedua. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017