Surabaya (Antara Jatim) - Jajaran PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III sudah sejak beberapa waktu lalu menyiapkan diri menyambut datangnya masa angkutan Lebaran 2017 yang diperkirakan jumlah penumpangnya akan meningkat kendati peningkatannya tidak tajam.

Berdasarkan jumlah manifest kapal penumpang yang akan melakukan sandar di seluruh pelabuhan milik Pelindo III, khususnya pada H-15 (10 Juni 2017) hingga H+15 (10 Juli 2017), total penumpang kapal yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini diprediksi naik sekitar 8 persen atau menjadi 500 ribu penumpang. 

Prediksi kenaikan itu berdasarkan semakin banyaknya masyarakat yang kini menjadikan kapal laut sebagai angkutan alternatif, karena padatnya jumlah penumpang pesawat.

Kepala Humas Pelindo III Widyaswendra di Surabaya mengatakan jumlah penurunan jumlah hanya terjadi pada kurun 2015 ke 2016, yakni dari sekitar 476 ribu orang menjadi 456 ribu orang pada 2016, atau turun sekitar lima persen.

Untuk mengantisipasi itu, kata dia, Pelindo III telah mengantisipasinya mulai H-15 hingga H+15, yakni dengan koordinasi melalui Otoritas Pelabuhan, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, kepolisian, dan TNI Polri.

Wendra menyebutkan ada tiga pelabuhan Pelindo III yang diprediksi paling sibuk pada angkutan mudik 2017, yakni Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Emas (Semarang), dan Kumai (Kalimantan Tengah).

Ketiganya, kata dia, pada Lebaran 2016 masing-masing menampung volume penumpang mencapai 165.111 orang untuk Tanjung Perak, 71.829 orang untuk Tanjung Emas, dan 46.157 untuk Kumai.

Pelindo III akan memberi fasilitas tambahan di sejumlah terminal penumpang kapal, antara lain tenda, pendingin ruangan, penerangan ruangan, petugas jaga dan toilet.

Selain itu, disiapkan sebanyak 126 pula perjalanan bus mudik gratis dari dua pelabuhan yakni Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang ke kota tujuan penumpang kapal.

Sementara Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat menambahkan bus gratis tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak tujuh hari sebelum Lebaran (H-7) hingga H-1 sebelum Lebaran, atau mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2017.

Lebih lanjut Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III, Bambang Hasbullah mengatakan perjalanan bus gratis itu mempunyai beberapa rute perjalanan di antaranya dari Tanjung Perak Surabaya menuju Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember dengan total 18 perjalanan.

Kemudian menuju Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun sebanyak 21 perjalanan, Kediri, Tulungagung, Trenggalek sebanyak 22 perjalanan dan tujuan Lamongan, Bojonegoro, Cepu sebanyak  9 perjalanan, sedangkan tujuan Pare, serta Blitar sebanyak lima perjalanan.

Dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani beberapa rute perjalanan, seperti ke Solo, Yogyakarta sebanyak 14 perjalanan, ke Demak, Kudus, Pati sebanyak 11 perjalanan. Kemudian ke Temanggung, Parakan, Wonosobo sebanyak 8 perjalanan dan ke Magelang, Jogjakarta, Purworejo sebanyak 11 perjalanan, lalu ke Kendal, Pekalongan, Pemalang sebanyak 7 perjalanan.

Bambang mengatakan tujuan fasilitas tambahan bus gratis ini adalah untuk memudahkan para penumpang kapal laut melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan.

Ia berharap, dengan adanya upaya menambahi sejumlah fasilitas dan modernisasi terminal penumpang, masyarakat bisa lebih menjadikan kapal sebagai angkutan utama atau alternatif mudik 2017.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017