Jember (Antara Jatim) - Ratusan personel Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, akan disiagakan dalam Operasi Ramadniya Semeru 2017 untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah di wilayah setempat.

Rencana itu terungkap dalam rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ramadniya Semeru 2017 di Ruang Rupatama Mapolres Jember, Rabu, terkait pengamanan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2017 di Kabupaten Jember.

"Dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ramadniya Semeru 2017, Polres Jember akan melibatkan beberapa instansi terkait yaitu seperti TNI, SatPol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Orari, Rapi, dan Pramuka," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di Jember.

Menurutnya total personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut sebanyak 380 orang yang terdiri 250 personel Polres Jember dan sisanya instansi samping yang juga hadir dalam rapat koordinasi kesiapan jelang Operasi Ramadniya Semeru 2017 tersebut.

"Operasi Ramadniya Semeru 2017 akan berlangsung pada 18 Juni hingga 3 Juli 2017, sehingga kami akan menyiagakan pasukan di lapangan mulai Sabtu (17/6) malam yang akan disebar di sejumlah pos pengamanan, pos pantau, dan pos pelayanan," tuturnya.

Dalam rapat persiapan Operasi Ramadniya itu sudah dilakukan koordinasi terkait sejumlah titik rawan kemacetan, titik jalan rusak, titik rawan kecelakaan hingga titik-titik yang harus dipantau sebagai titik yang rawan kejahatan.

"Selama masa angkutan mudik dan balik Lebaran 2017 terdapat Pos Pengamanan, Pos Terpadu, Pos Pelayanan dan Pos Pantau di sejumlah titik yang dinilai rawan kemacetan, rawan tindakan kriminalitas," katanya.

Pos Pengamanan akan didirikan di Jalan Umum Desa Tayeng Kecamatan Sumberbaru, Jalan Umum Desa Garahan Kecamatan Silo, Wisata Pantai Pancer Kecamatan Puger, Wisata Pantai Watu Ulo dan Pantai Paasir Putih Malikan (Papuma) Kecamatan Wuluhan.

Untuk lokasi Pos Pelayanan berada di Terminal Tawang Alun Kecamatan Rambipuji, Terminal Pakusari Kecamatan Pakusari, Terminal Arjasa Kecamatan Arjasa, Stasiun Kereta Api Jalan Wijaya Kusuma Kecamatan Patrang.

Sedangkan Pos Pantau didirikan di Simpang Tiga Pondok Dalem Kecamatan Semboro, Alun-Alun Kecamatan Rambipuji, Simpang Empat Mangli Kecamatan Kaliwates, Bandara Notohadinegoro Kecamatan Ajung, Simpang Tiga Pasar Wirolegi Kecamatan Wirolegi, dan Cafe Gunung Gumitir Kecamatan Sempolan.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017