Sumenep (Antara Jatim) - Petugas gabungan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengecek kondisi bus di Terminal Tipe A Arya Wiraraja menjelang masa angkutan Lebaran 2017.

"Ini untuk memastikan semua bus yang akan beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2017 dalam kondisi laik jalan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sustono di Sumenep, Rabu.

Petugas gabungan yang terdiri atas personel Dishub, Satker Terminal Tipe A Arya Wiraraja, dan Satuan Lantas Polres Sumenep, itu mengecek satu per satu kondisi bus, baik bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antarprovinsi (AKAP).

Mereka langsung meminta kru bus untuk menunjukkan surat tanda nomor kendaraan bermotor dan dokumen kir dan surat izin mengemudi milik sopir.

Setelah itu, mereka juga mengecek kondisi ban, lampu, kelaikan rem, termasuk menghitung jumlah kursi di bus untuk memastikan sesuai dengan dokumen.

"Pengecekan bus tersebut sebenarnya merupakan kegiatan rutin secara berkala. Namun, pada masa angkutan Lebaran 2017, akan diintensifkan," kata Sustono, menerangkan.

Sustono juga meminta pada sopir bus untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuhnya supaya benar-benar fit ketika akan dan selama mengemudikan bus.

"Arus lalu lintas selama masa angkutan Lebaran dipastikan akan lebih ramai. Butuh konsentrasi tinggi bagi sopir dalam situasi seperti itu," ucapnya. (*)
Video Oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017