Madiun (Antara Jatim) - Tim Penggerak PKK Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar Bazar Takjil Ramadhan tahun 2017 di kawasan selatan Alun-Alun Kota Madiun untuk mendorong kegiatan ekonomi masyarakatnya di tingkat kelurahan.

"Kegiatan Bazar Takjil Ramadhan 2017 ini selain membantu penyediaan menu berbuka puasa bagi warga Kota Madiun, juga sebagai wadah para pelaku UMKM di bawah binaan PKK tiap kelurahan untuk eksis. Saya sangat mengapresiasi," ujar Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto saat membuka kegiatan Bazar Takjil Ramadhan tahun 2017 Kota Madiun di Alun-Alun setempat, Senin sore.

Pihaknya berharap masyarakat Kota Madiun dapat memanfaatkan keberadaan bazar takjil ramadhan tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga saat berbuka puasa. Sebab, dijamin mutu kesehatan dan kemurahan dari makanan dan minuman yang disediakan terjaga. 

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Tahun ini temanya adalah "Bangkitkan Usaha Kecil dan Mikro Kota Madiun Dengan Bazar Takjil Bulan Ramadhan". Sesuai rencana, bazar takjil tersebut akan digelar selama lima hari mulai hari Senin (12/6) hingga Jumat (16/6) mendatang.

Adapun, peserta dari penyedia takjil tersebut adalah PKK dari tiga kecamatan dan 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun. Kegiatan tersebut juga melibatkan para Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di masing-masing kelurahan.

Berbagai macam menu makanan dan minuman olahan rumah tangga dijual di bazar tersebut. Ada juga bahan kebutuhan pokok dan kerajinan unggulan dari masing-masing PKK dan KIM kelurahan. 

"Diharapkan, bazar takjil ramadhan tersebut juga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Kota Madiun melalui PKK dan kelompok informasi masyarakatnya," tambah Sugeng. 

Sementara, salah satu warga Kota Madiun Aris Sriono yang melintasi kawasan alun-alun saat kegiatan tersebut digelar, mengaku senang dengan adanya bazar takjil ramadhan. Ia merasa terbantu, sehingga tidak perlu bingung dengan menu berbuka puasa keluarganya.

"Lumayan terbantu. Apalagi masakannya terlihat enak-enak dan harganya itu, lho, sangat terjangkau," ungkap bapak dua anak tersebut.

Total, terdapat 30 stan yang terlibat menyediakan aneka makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya selama puasa dan menjelang lebaran. 

Kegiatan Bazar Takjil Ramadhan tahun 2017 Kota Madiun dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto bersama Ibu dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017