Jember (Antara Jatim) - Perbankan bersama Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember membuka kas keliling untuk melayani penukaran uang NKRI tahun emisi 2016 untuk memenuhi kebutuhan Lebaran 2017 yang dipusatkan di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, 12-23 Juni 2017.

"Hari ini peluncuran penukaran uang pecahan baru untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan setiap tahun permintaan meningkat, apalagi saat ini banyak warga yang menginginkan uang NKRI tahun emisi 2016," kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi M Lukman Hakim di alun-alun Jember, Senin.

Menurut dia, penukaran mata uang rupiah pecahan baru tersebut melibatkan tujuh bank yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Jatim, Bank Jatim Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Central Asia.

"Bank Indonesia Jember juga membuka kas keliling untuk melayani penukaran uang rupiah tersebut, sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang NKRI tahun emisi 2016 untuk kebutuhan Lebaran," tuturnya.

Ia mengatakan kas keliling penukaran uang pecahan tersebut akan dibuka selama dua pekan sejak Senin ini hingga Jumat (23/6), sehingga masyarakat yang ingin menukarkan uang untuk kebutuhan Lebaran bisa datang ke alun-alun Jember.

"Sebenarnya kami akan mengadakan kegiatan penukaran uang mulai 19 Juni 2017, namun dengan pertimbangan sudah banyak masyarakat yang mudik ke luar kota pekan depan, maka jadwalnya dimajukan mulai Senin ini," katanya.

Selain membuka fasilitas penukaran uang baru di alun-alun Jember, Bank Indonesia juga membuka kas keliling penukaran uang baru di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan (Disperindag) setempat.

"Layanan penukaran mata uang baru juga digelar di sejumlah kecamatan bersama dengan Disperindag, sehingga total uang yang disediakan untuk kas keliling sebesar Rp3,59 miliar setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan sekitar 1.400 orang," ujarnya, menambahkan.

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember menyiapkan uang pecahan baru sebanyak Rp4,4 triliun uang NKRI tahun emisi 2016 untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah di wilayah kerjanya.

Total uang rupiah yang disiapkan untuk kebutuhan Lebaran 2017 senilai Rp4,4 triliun itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lima kabupaten yang meliputi Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi yang merupakan wilayah kerja BI Jember.(*)
Video oleh: Zumrotun Solicha

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017