Madiun (Antara Jatim) - Sebanyak dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Madiun mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Wakil Bupati Madiun (Bacawabup) di lingkungan internal partai guna memperebutkan rekomendasi untuk maju pada pilkada setempat Tahun 2018.
     
Ketua DPC PDIP Kabupaten Madiun Anang Dwi Suyatno di Madiun, Kamis mengatakan, kedua kader yang mengambil formulir bacawabup tingkat internal parpol tersebut adalah Bendahara DPC PDIP Kabupaten Madiun Suprapto dan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Mejayan Ferry Sudarsono. 
     
"Selama dua hari pendaftaran dibuka, yakni tanggal 7 dan 8 Juni 2017, sudah ada dua kader yang mengambil formulir pendaftaran bacawabup untuk Pilkada Kabupaten Madiun 2018. Sedangkan pengembalian formulir diagendakan pada tanggal 9-15 Juni 2017," ujar Anang kepada wartawan.
     
Menurut dia, waktu pendaftaran penjaringan bacawabup memang hanya dua hari saja. Hal itu telah menjadi kesepakatan bersama di tingkat internal partai politik bersangkutan. 
     
Selain itu, pada ajang Pilkada Kabupaten Madiun Tahun 2018, DPC PDIP Kabupaten Madiun sepakat hanya akan mengincar posisi Wakil Bupati.  
     
"Hal itu sudah menjadi kesepakatan dan keputusan DPC. Karena itu, saat ini kami hanya membuka pendaftaran untuk bacawabup. Soal personnya, bisa dari kader ataupun luar kader," kata Anang.
     
Ia menambahkan, terkait posisi Bupati, pihaknya mengklaim akan melakukan koalisi dengan partai lain. Sejauh ini partainya telah melakukan komunikasi intensif dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
     
"Pembahasan intensif soal koalisi PDIP dengan PKB di Kabupaten Madiun telah dilakukan untuk Pilkada Kabupaten Madiun 2018," katanya.
     
Seperti diketahui, PDIP merupakan parpol pemenang kedua setelah PKB dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 di wilayah Kabupaten Madiun, setelah PKB di urutan pertama.
     
Dalam Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Madiun, PDIP berhasil memperoleh 72.167 suara. Dengan perolehan suara sebanyak itu, PDIP berhasil meraih delapan kursi dari 45 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017