Pamekasan (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menyiapkan tujuh pos pantau untuk memantau arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Menurut Kepala Dishub Pamekasan Ajib Abdullah di Pamekasan, Kamis, ketujuh pos pantau itu tersebar di sejumlah ruas jalur mudik di Pamekasan.

Pos itu, antara lain di Jalan Raya Tlanakan, Jalan Raya Talang Siring, dan di Jalur Pantai Utara Pamekasan.

"Selain itu, kami juga mendirikan pos pantau di terminal bus Pamekasan, lalu di terminal barang dan perbatasan antara Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang," kata Ajib Abdullah.

Pos pantau induk akan didirikan di area Monumen Arek Lancor Pamekasan, gabungan antara Dinas Perhubungan, polres, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan.

Ia menjelaskan pelaksanaan pantau arus mudik Lebaran akan digelar H-7 Lebaran sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat dan akan berlangsung hingga H+7 Lebaran.

Dishub Pamekasan, kata Ajib, akan melakukan pengecekan kelaikan kendaraan bermotor.

"Saat ini kami sudah melakukan survei lokasi yang hendak dijadikan tempat pos pantai tersebut dengan menerjunkan tim khusus," ujar Ajib.

Pada pengamanan arus mudik dan balik Lebaran nanti, sambung Ajib, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan dengan menerjukan tim medis, guna memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para pemudik.

"Kalau tahun lalu, tim medis kami siapkan di terminal bus Pamekasan, kemungkinan tahun ini lokasinya sama," katanya, menerangkan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017