Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menginginkan pemuda-pemuda yang memiliki usaha agar memperkaya inovasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga lebih berkualitas.

"Efeknya akan mampu bersaing di era persaingan bebas sekarang ini, terutama dengan produk luar negeri," ujarnya di sela pembukaan pameran bertajuk "Padhang Rembulan 1438 H" di Surabaya, Rabu malam.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengaku optimistis pemuda-pemuda saat ini karyanya semakin berkualitas dan bisa bersaing karena memiliki ide cemerlang untuk kemajuan usahanya.

"Anak-anak muda sekarang hebat-hebat dan idenya luar biasa. Saya yakin UMKM di Jatim semakin maju dengan inovasi dari mereka sekaligus membuktikan berkualitasnya sumber daya manusia di sini," ucapnya.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu juga memberi masukan agar produk mampu bersaing maka harus memperhatikan kemasan yang bagus, serta menarik minat pembeli.

Sementara itu, pameran tersebut merupakan program pertama Karang Taruna Jatim di bawah kepemimpinan Agus Maimun yang baru beberapa waktu lalu terpilih.

Wakil Ketua Karang Taruna Jatim Arif 'An mengatakan tujuan digelarnya pameran adalah untuk memfasilitasi UMKM-UMKM, khususnya milik anak-anak muda bersaing dengan produk lainnya.

"Kalau biasanya mereka menjual di pasar atau lokasi tertentu, kini bisa digelar di dalam mal sehingga otomatis menaikkan produk itu sendiri," kata pria yang juga sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya tersebut.

Setelah resmi dibuka malam ini, pameran yang digelar di Convex Grand City tersebut masih akan berlangsung hingga 18 Juni dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya masuk lokasi.

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul yang ditemani mantan Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi menyempatkan untuk merasakan mayoritas kuliner karya UMKM milik para pelaku usaha muda, termasuk membeli beberapa kain batik. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017