Malang, (Antara Jatim) - Taman Singha di Merjosari Kota Malang mulai dipercantik dengan menambah berbagai wahana dan peralatan olahraga rekreasi untuk menyambut pertemuan  Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017 yang digelar Juli mendatang di kota pendidikan itu.

Wali Kota Malang Moch Anton di Malang, Jawa Timur, Selasa mengemukakan pihaknya sudah mulai melakukan revitalisasi Taman Merjosari yang bekerja sama dengan Telkomsel sebagai penyandang dana. "Telkomsel menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya untuk membenahi dan mempercantik Taman Merjosari untuk menyambut para peserta Apeksi," kata Anton.
    
Ia mengatakan pengerjaan revitalisasi  Taman Merjosari sebagai ikon baru Kota Malang itu ditargetkan tuntas Juli mendatang atau menjelang digelarnya Apeksi yang diikuti kepala daerah (wali kota) seluruh Indonesia.
    
Anton menerangkan taman ini bakal dipercantik dengan penambahan wahana untuk olahraga yang dilengkapi dengan arena skate park, basket 3 on 3, doodle area, graffiti, dance area dan area spot olahraga lainnnya. Pengerjaan pengembangan Taman Merjosari dikebut agar pada saat pelaksanaan Apeksi Juli mendatang, dimana Kota Malang sebagai tuan rumah, sudah tuntas dan bisa dinikmati.

Rencananya, kata Anton, para peserta Apeksi dari seluruh enjuru Tanah Air itu bakal diajak berkeliling menikmati wahana yang ada di taman itu. Selain itu, peserta Apeksi juga diajak menanam pohon di area taman. Oleh karena itu, sebelum Apeksi digelar, pembangunan (revitalisasi) Taman Singha Merjosari harus sudah tuntas.

Wali kota mengemukakan penambahan wahana sport merupakan ide dan gagasan dari masyarakat yang mengusulkan Taman Merjosari dipercantik dengan beragam alat-alat olahraga untuk jogging warga dan wisatawan. Selain itu, di tengah taman juga ada area teater musik dan pementasan untuk aktivitas kesenian serta budaya.

Menurut dia, banyak taman tematik dan pantas untuk "dipamerkan" ada peserta Apeksi, namun pihaknya memilih Taman Singha Merjosari sekaligus untuk program penanaman pohon karena taman tersebut lebih representatif dan lebih luas, bahkan wahananya paling lengkap sebagai area wisata di tengah kota.

"Oleh karena itu, taman tersebut kami percantik dan kami benahi, termasuk penambahan beberapa wahana. Taman ini nanti yang menjadi jujugan para peserta Apeksi," ujarnya.

Selain Taman Singha Merjosari, Kota Malang memiliki banyak taman tematik yang dalam dua tahun terakhir ini terus dikembangkan, seperti Taman Trunojoyo, Taman Merbabu, Taman Malabar, Taman  Kunang-kunang, dan Taman Slamet.        

Untuk mempercantik taman tematik tersebut, Pemkot Malang menggandeng berbagai perusahaan melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)-nya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017