Madiun (Antara Jatim) - PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Jawa Timur melakukan pengecekan personel yang berdinas untuk operasional di stasiun maupun perlintasan KA guna menghadapi masa angkutan Lebaran tahun 2017.
     
"Untuk memastikan kesiapan personel menghadapi masa angkutan Lebaran 2017, kami melakukan sidak ke unit-unit operasional," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Supriyanto kepada wartawan, Jumat.
     
Menurut dia, pengecekkan dilakukan di stasiun-stasiun, pintu perlintasan, dan bagian keamanan. Adapun hal yang dicek adalah kesiapan personel dalam bertugas, tes alkohol, dan tes kesehatan dasar.
     
Pengecekkan tersebut dilakukan secara acak, dimulai dari Stasiun Madiun hingga Stasiun Wilangan. Untuk tahap kali ini ada lima stasiun yang disidak.
     
"Total ada lima stasiun dan delapan penjaga perlintasan KA yang dilakukan tes. Selain itu, juga ada sekitar 16 petugas operasional, serta sejumlah anggota polsuska," kata dia.
     
Dari hasil cek dan sidak tersebut, tidak ditemukan indikasi pegawai operasional yang sedang berdinas yang mengonsumsi alkohol. Selain itu, kondisi kesehatan mereka juga dalam keadaan baik.
     
Supriyato menjelaskan, kegiatan pengecekkan personel yang berdinas tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA serta meningkatkan kenyamanan penumpang.
     
Selain melakukan pengecekkan personel, pihaknya juga melakukan perawatan jalur KA dan perawatan sarana, baik berupa lokomotif maupun gerbong kereta api.
     
Ia menambahkan, berbagai persiapan akan terus dilakukan guna meningkatkan kelancaran pelayanan kepada penumpang selama masa angkutan lebaran mendatang. Termasuk juga penambahan sembilan lokomotif. Dari sembilan lokomotif tersebut, enam lokomotif akan digunakan untuk KA reguler sedangkan tiga lainnya digunakan untuk lokomotif cadangan.
     
Selain lokomotif, Daop 7 Madiun juga akan mendapat tambahan sejumlah kereta penumpang selama masa angkutan lebaran. Yakni tiga unit kereta untuk kelas ekonomi dan dua kereta cadangan untuk kelas esekutif.
     
Sementara, masa angkutan Lebaran 2017 yang diterapkan PT KAI (Persero) akan dilaksanakan selama 22 hari. Yakni dimulai tanggal 15 Juni hingga 6 Juli 2017. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017