Mojokerto (Antara Jatim) - Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga pancasila melalui peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai-nilainya dalam bermasyarakat.

"Saya mengajak peran aktif semua komponen masyarakat untuk menjaga pancasila, dengan meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilainya dalam bermasyarakat," ucap bupati membacakan sambutan resmi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Kamis.

Ia mengemukakan, harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman dan kehidupan berbangsa serta bernegara sedang mengalami tantangan, kebhinnekaan.

"Ada sikap intoleransi yang mengusung ideologi selain Pancasila, ini sangat mencemaskan dengan diperparah dengan gaung berita bohong (hoax)," ujarnya.

Ia mengatakan, komitmen pemerintah untuk memperkuat pancasila juga terus dilakukan, antara lain diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017, tentang Unit Kerja Presdien Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan guna memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

Ia mengatakan, tidak ada pilihan lain bagi bangsa Indonesia kecuali menyatukan hati untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun dan toleran, serta menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang adil dan bermartabat di mata internasional.

"Harus waspada terhadap segala bentuk gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan-gerakan antipancasila, antiUUD 1945, antiNKRI dan antiBhinneka Tunggal Ika. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila," katanya.

Pada upacara ini juga dihadiri juga oleh Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus istri bupati, Ikfina Kamal Pasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Soewito, unsur Forkopimda serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017