Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf membagikan paket sahur ke pengunjung Taman Bungkul Surabaya dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis dini hari.

"Apa yang dilakukan ini juga dalam rangka memperkuat persatuan Indonesia," ujarnya di sela membagikan paket sahur yang diinisiasasi perusahaan motivasi PT Total Quality.

Menurut dia, Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni tidak hanya diperingati dengan kegiatan seremonial, namun bisa melalui membiasakan diri untuk terus berusaha saling peduli, membangun kebersamaan dan memelihara semangat gotong royong.

"Inilah satu hal yang perlu digarisbawahi dalam peringatan 1 Juni. Kita memiliki ideologi yang menjadi pemersatu, termasuk membagikan sahur juga memperkuat persatuan bangsa," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Pemprov Jatim itu membagikan ratusan dari total 2.017 paket sahur yang disiapkan kepada pengunjung di Taman Bungkul Surabaya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap aksi itu menjadi contoh bagi banyak pihak untuk lebih peduli terhadap sesama, khususnya di Bulan Suci Ramadhan.

Sementara itu, Komisaris PT Total Quality Johan Yan berterima kasih kepada Gus Ipul yang telah berkesempatan turut hadir dan membagikan paket sahur yang memang menjadi kegiatan rutin tahunan tersebut.

Khusus tahun ini, pihaknya sengaja berbagi di malam Hari Lahir Pancasila karena bangga menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki kekuatan ideologi pemersatu bangsa.

"Kami juga beruntung bisa kedatangan Gus Ipul yang memang dikenal sebagai salah seorang tokoh dibalik ditetapkannya Hari Pancasila pada 1 Juni ini," katanya bersama puluhan karyawannya sembari berteriak meneriakkan yel-yel "Saya Indonesia, Saya Pancasila" itu.

Selain di Taman Bungkul, pembagian paket sahur yang sasarannya ke semua kalangan iti juga dilakukan berkeliling di beberapa titik kawasan, antara lain di Kayoon, Wonokromo, hingga ke kawasan religi Sunan Ampel. (*)
Video oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017