Sumenep (Antara Jatim) - Salah satu perusahaan pelayaran yang menjadi operator di lintasan Kalianget-Kangean, Sumenep, akan menyiapkan kapal cadangan selama masa angkutan Lebaran 2017.

"Manajemen PT Sakti Inti Makmur (SIM) Cabang Kalianget akan menyediakan satu kapal dengan status armada cadangan dan dioperasikan, jika calon penumpang membeludak dan tak bisa diangkut oleh kapal reguler," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sustono di Sumenep, Rabu sore.

Pada Rabu siang hingga sore, Pemkab Sumenep menggelar rapat koordinasi (rakor) tentang Persiapan Angkutan Lebaran 2017.

Rakor tersebut melibatkan semua pemangku kepentingan, di antaranya perwakilan dari Polres Sumenep, Otoritas Bandara Trunojoyo, Pelabuhan Kalianget, dan operator angkutan.

"Alhamdulillah, semuanya dalam posisi siap. Operator angkutan darat, penyeberangan, laut, dan udara memastikan armadanya siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2017," kata Sustono, menerangkan.

Bahkan, PT SIM Cabang Kalianget berencana mendatangkan satu kapal lagi yang akan berstatus armada cadangan dan disiagakan di Pelabuhan Kalianget.

PT SIM Cabang Kalianget adalah operator yang mengoperasikan satu kapal cepat guna melayani lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan.

"Rakor yang kami gagas itu memang untuk menyamakan persepsi semua pemangku kepentingan demi suksesnya angkutan Lebaran 2017. Insya-Allah, semuanya sudah siap," ujarnya, menambahkan.

Sesuai hasil pendataan terbaru, jumlah armada yang akan beroperasi secara reguler pada masa angkutan Lebaran 2017, di antaranya bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 8 unit dan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 300 unit untuk angkutan darat.

Sementara di angkutan penyeberangan dan laut tersedia sebanyak 12 kapal dan angkutan udara sebanyak 1 unit, yakni pesawat yang melayani jalur penerbangan perintis di rute Sumenep-Surabaya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017