Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana menyiapkan sebanyak 126 perjalanan bus mudik gratis dari dua pelabuhan yakni Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat di Surabaya, Selasa mengatakan dua pelabuhan itu disiapkan karena sedikitnya tujuh ribu penumpang kapal laut dari Kalimantan, Sampit, Pontianak, Balikpapan serta Makassar akan tiba sercara bergiliran di kedua pelabuhan itu.

"Kami akan mengantar mereka langsung menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa secara gratis, melalui program 'Yuk Pulang Kampung, Mudik Gratis Bareng Pelindo III'," katanya,

Ia mengatakan, bus gratis tersebut akan tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak tujuh hari sebelum Lebaran (H-7) hingga H-1 sebelum Lebaran, atau mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2017.
 
Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III, Bambang Hasbullah mengatakan, perjalanan bus gratis itu mempunyai beberapa rute perjalanan di antaranya dari Tanjung Perak Surabaya menuju Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember dengan total 18 perjalanan.

Kemudian menuju Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun sebanyak 21 perjalanan, lalu Kediri, Tulungagung, Trenggalek sebanyak 22 perjalanan dan tujuan Lamongan, Bojonegoro, Cepu sebanyak 9 perjalanan, dan tujuan Pare, serta Blitar sebanyak lima perjalanan.

"Estimasi peserta mudik gratis yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 4.200 penumpang," katanya.

Sedangkan dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani beberapa rute perjalanan, seperti ke Solo, Yogyakarta sebanyak 14 perjalanan, ke Demak, Kudus, Pati sebanyak 11 perjalanan.

Kemudian ke Temanggung, Parakan, Wonosobo sebanyak 8 perjalanan dan ke Magelang, Jogjakarta, Purworejo sebanyak 11 perjalanan, lalu ke Kendal, Pekalongan, Pemalang sebanyak 7 perjalanan. 

"Untuk estimasi peserta mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas adalah sebanyak 2.900 penumpang, dan total jumlah penumpang yang akan dibiayai Pelindo III sekitar 7100 penumpang," ucapnya.

Bambang berharap, pemudik dapat segera mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri. 

"Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, konsumsi 'snack', serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC," tuturnya.

Bambang mengatakan, tujuan program ini adalah untuk memudahkan para penumpang kapal laut melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan.

"Program ini, diprakarsai dan didanai sepenuhnya Pelindo III yang dalam pelaksanaannya bersinergi dengan BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus," imbuhnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017