Surabaya (Antara Jatim) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surabaya meminta semua warga tetap menjaga kebersamaan dan saling menghargai selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. 
     
"Kita tunjukkan masyarakat Surabaya gotong royongnya tinggi, sosialnya tinggi. Saya berharap masyarakat tidak puasa tetap menghormati yang puasa. Jangan sembarangan makan dan minum di tempat umum," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha kepada Antara di Surabaya, Jumat. 
     
Selain itu, lanjut dia, untuk warga yang memiliki warung atau tempat usaha jual makanan untuk tidak berjualan sembarangan. "Saatnya kebersamaan ini terjalin di Surabaya. Jadikan Surabaya menjadi contoh yang baik bagi daerah-daerah lain," katanya.

Begitu juga bagi aparat kepolisian, Satpol PP  dan linmas untuk selalu berkeliling di kampung-kampung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama Ramadhan. 

"Soalnya ini belum Ramadhan tapi petasan sudah bermunculan. Tentunya ini mengganggu kekhusukkan umat muslim yang sedang melakukan ibadah sholat tarawaih dan tadarus Al Quran," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menyerahkan persoalan ini kepada pihak kepolisisian dan Satpol PP untuk mencarikan solusi agar persoalan tersebut bisa diatasi sesegera mungkin.

"Ini semua agar puasa kali ini terasa lebih enak tanpa gangguan petasan atau lainnya," katanya. (*)
Video oleh: Abdul Hakim

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017