Sidoarjo (Antara jatim) - Petugas Kepolisian Resor Sidoarjo Kota, Jawa Timur, membagikan 100 bendera merah putih dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Indra Mardiana di SIdoarjo, Senin mengatakan bendera ini diberikan kepada instansi, sekolah dan juga desa-desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Khususnya kepada pemilik bendera yang kondisinya sudah rusak akan kami ganti dengan yang baru," katanya.

Ia mengemukakan, dalam peringatan Harkitnas ke-109 ini pihaknya ingin mengajak kepada masyarakat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

"Saat ini Republik Indonesia telah memperingati Harkitnas ke-109 dan diharapkan melalui peringatan ini akan tumbuh jiwa nasionalisme demi menciptakan keamanan kepada seluruh masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, bendera merah putih tersebut dibagikan kepada intansi pemerinta dan juga tempat lain yang kondisi benderanya sudah rusak.

"Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada bahwa bahasa, lagu dan juga bendera yang mengalami kerusakan akan ada ancaman pidana," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk menciptakan rasa nasionalisme.

"Termasuk dalam aksi kali ini mengajak kepada warga mewujudkan bangsa yang cinta damai serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017