Bojonegoro (Antara Jatim) - Objek wisata kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, dan Mojo Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, yang masuk objek wisata buatan terbaik di Jawa Timur, panen raya dengan harga berkisar Rp8.000-Rp10.000 per kilogram.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro Priyo Sulistyo, di lokasi kebun belimbing, Sabtu, menjelaskan panen raya buah belimbing di dua desa itu sejak tiga pekan terakhir.

Panen belimbing, lanjut dia, berlangsung secara merata di semua warga yang memiliki pohon belimbing di dua desa itu dengan kualitas yang cukup bagus.

"Meskipun kualitas belimbing bagus, tetapi harga belimbing turun sekitar Rp2.000 per kilogram, dibandingkan sebelumnya, karena panen raya," kata dia dibenarkan Kepala Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, M. Syaifi.

Menurut Priyo, juga Syafii, panen raya belimbing di dua desa itu akan bertahan sampai Hari Raya Idul Fitri, bahkan setelahnya.

"Ketika Hari Raya Idul Fitri masih panen raya. Meskipun pengunjung membeludak hasil buah belimbing masih mencukupi," katanya.

Baik Priyjo maupun Syafii, memperkirakan pada Hari Raya Idul Fitri jumlah pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, juga Jawa Tengah, akan meningkat tajam dibandingkan pada hari biasa.

"Pada hari biasa jumlah pengunjung berkisar 1.500-2.000 wisatawan domestik (wisdom), juga wisatawan manca negara (wisman)," kata Syaifii menegaskan.

Seorang petani belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Rudiyanto (33), mengaku memiliki sekitar 50 pohon belimbing dengan hasil rata-rata sekitar  50 kilogram belimbing per hari.

"Penjualannya di kebun belimbing di objek wisata, ya bisa menjual berkisar 30-50 kilogram per harinya," ucapnya.

Data di pokdarwis setempat menyebutkan luas kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, mencapai 20,4 hektare dengan jumlah lebih dari 9.000 pohon, sedangkan di Desa Mojo, luasnya sekitar 20 hektare dengan jumlah juga hampir sama sekitar 9.000 pohon.

Di kawasan kebun belimbing, tercatat sekitar 70 pedagang, yang menjual belimbing, juga produk olahan belimbing,tetapi pengunjung juga bisa langsung memetik langsung di kebun.

"Perhitungan kami produksi belimbing rata-rata 70 kilogram per tahunnya," tambah Syaifi. (*)
Video oleh: Slamet Agus Sudarmojo

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017