Malang (Antara Jatim) - Prajurit Brigif-1 Marinir melaksanakan operasi penyeberangan sungai, menembak dengan GLM, menembak dengan GPMG, lorong reaksi dan serangan munisi tajam (sermujam) didaerah latihan pantai selatan Malang, Jawa Timur, Rabu.

Kegiatan yang disaksikan Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, selaku Pimpinan Latihan (Pimlat), Pasops Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, Kasipam Mayor Marinir Wahyu Widiyono, Pabandya Sops Pasmar-1 Mayor Marinir Ukik dan Ketua Tim Aspek Darat 1 Mayor Marinir A. Fauzi tersebut merupakan sebagian dari materi yang dilatihkan dalam Latihan Satuan Dasar (LSD) Darat-Laut Tri Wulan II Tahun 2017.

Ketua Tim Aspek Darat 1 Mayor Marinir A Fauzi mengatakan, pada materi operasi penyeberangan sungai, peserta latihan, baik perorangan, regu maupun peleton dilatih agar mampu melaksanakan, merencanakan dan menghadapi setiap dinamika dalam operasi penyeberangan sungai.

Untuk materi menembak GLM dan GPMG, lanjutnya, melatih pengawak senjata dalam menembak, mengoreksi hasil tembakan dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan senjata, sedangkan materi sermujam dan lorong reaksi, untuk melatih peserta latihan, baik teknik, taktik maupun manuver pasukan sesuai dengan jabatannya.

Sementara itu, Pasops Brigif-1 Marinir Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, selaku Penasehat Latihan (Hatlat) menyampaikan selain materi Aspek Darat 1, LSD II Darat-Laut II Tahun 2017 juga melatihkan pada materi Aspek Laut dan Aspek Darat 2.

Untuk Aspek Laut, lanjutnya, materi yang dilatihkan meliputi renang tembus gelombang, dayung tembus gelombang, eksersisi Perahu Karet, motoris, raid amfibi dan pendaratan khusus (Ratsus).

Aspek Darat 2, materinya meliputi Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK), Serangan, Pertahanan, Patroli Penyelidik, Patroli Tempur, Pengepungan dan Penggeledahan Rumah (Pungdahmah) dan Menembak Mortir 60 mm.

“Tempat latihannya dibagi menjadi tiga tempat, untuk Aspek Laut di pantai Tamban, Aspek Darat 1 di sepanjang pantai selatan mulai dari Sendang Biru hingga pantai Nganteb dan Aspek Darat 2 dari pantai Nganteb hingga Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Purboyo," kata Letkol Mar Bakti.

Disamping itu, dalam latihan yang diikuti seluruh prajurit Brigif-1 Marinir tersebut, juga akan dilaksanakan lintas medan (Limed) yang akan dimulai dari Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Purboyo dan finish di perumahan Araya Malang, dengan jarak tempuh sejauh 65 km. (*)


Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017