Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengenalkan dunia maritim kepada mahasiswa komunikasi Sekolah Tinggi IImu Komunikasi AImamaIer Wartawan Surabaya (Stikosa AWS) melelui kegiatan "Pelindo III Goes To Campus" 2017, di kampus itu di Surabaya, Rabu.

Sekretaris Perusahaan Peiindo III Faruq Hidayat usai kegiatan itu mengatakan, kegiatan yang bertema "Pelindo III dan Perkembangan Bisnis di Era Konvergensi Media" tersebut merupakan wujud kepedulian Pelindo III terhadap pemuda sekaligus sebagai sarana pengenalan dunia kepelabuhanan kepeda mahasiswa.

"Kegiatan ini juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan program Tol Laut. Jadi selain mendukung pemerintah kami juga ingin mengedukasi dan berbagi pengetahuan seputar perkembangan bisnis kemaritiman," kata Faruq.

Dirinya menjelaskan, pemilihan perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi tak lepas dari peran Pelindo guna mengeksplorasi peran generasi muda sebagai penyokong maritim Indonesia di masa depan dalam menentukan performa daya saing bangsa.

"Dalam kegiatan ini mahasiswa bisa langsung berinteraksi dengan pelaku di bidang bisnis kepelabuhan. Jadi mereka selain mendapatkan iimu yang diajarkan selama kuliah, mereka bisa menambah wawasan kemaritiman melalui kegiatan ini," ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan itu juga diserahkan dana hibah bina lingkungan berupa bantuan sarana pendidikan dan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pelindo III dan Stikosa AWS.

Sementara itu, Ketua Stikosa AWS Ismoyo Herdono mengapresiasi Pelindo III yang telah memilih kampusnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan terjalinnya kesepakatan kerja sama antara kedua belah pihak.

"Kami sangat berterima kasih kepada pelindo III bisa terjalin kesepakatan. Bagi stikosa AWS kesepakatan ini menjadi pintu masuk untuk ke depan lebih banyak kerja sama-kerja sama yang bisa disinergikan antara Stikosa AWS dan pelindo III," kata dia.

Ismoyo menjelaskan, kerja sama itu meliputi penelitian di bdiang komunikasi. Menurutnya, banyak hal yang bisa disinergikan antara kedua belah pihak terutama masalah komunikasi, seperti penelitian tentang program-program yang menyangkut masyarakat khususnya masyarakat yang masuk dan tinggal di fasilitas atau proyek-proyek milik pelindo III.

"Stikosa AWS punya dosen yang memiliki kompetensi di bidang komunikasi. Selain itu, kita bisa kerja sama dengan Pelindo, seperti mengerjakan CSR tentang bagaimana penerimaan masyarakat terhadap pelindo III," ujarnya.

Sementara terkait bantuan dana pendidikan yang diterima kampusnya, Ismoyo mengatakan, bantuan senilai Rp30 Juta itu akan digunakan untuk mendukung sarana dan prasarana pembelajaran di Stikosa AWS.

"Mudah-mudahan dengan ini bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Stikosa AWS menjadi lebih baik lagi," katanya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017