Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengusulkan pembangunan dan rehabilitasi lima dermaga menjelang tahun kunjungan wisata setempat pada 2018.

"Kami harus bersinergi dengan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lainnya untuk membangun infrastruktur dalam rangka pengembangan pariwisata di Sumenep," ujar Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Rabu.

Pada akhir 2016, Pemkab Sumenep mencanangkan 2018 sebagai tahun kunjungan wisata setempat.

Pembangunan dan rehabilitasi lima dermaga yang diusulkan oleh Disparbudpora Sumenep itu tersebar di tiga kecamatan, yakni dua lokasi di Talango, dua di Dungkek, dan satu di Saronggi.

Pembangunan dan rehabilitasi dermaga di Pulau Gililabak dan Desa Kombang, keduanya di Talango, untuk mempermudah akses ke Pantai Gililabak.

Sementara di Dungkek dan Pulau Giliyang, untuk mempermudah akses ke Pulau Giliyang, dan Tanjung di Saronggi ke Pantai Sembilan di Pulau Giligenting.

Saat ini, Pantai Gililabak, Pulau Giliyang, dan Pantai Sembilan merupakan sebagian dari objek wisata di Sumenep yang ramai dikunjungi wisatawan. 

"Kami ingin dermaga ke tiga objek wisata tersebut lebih representatif dan selanjutnya aktivitas sandar dan labuh perahu yang membawa wisatawan lebih aman dan nyaman," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pimpinan SOPD terkait di lingkungan Pemkab Sumenep agar pembangunan dan rehabilitasi lima dermaga itu menjadi program atau kegiatan pada 2018.

Pada tahun ini, pemerintah daerah melakukan penataan dan pengembangan agar semua objek wisata setempat menjadi lebih aman dan nyaman ketika dikunjungi wisatawan.

"Percepatan pembangunan infrastruktur maupun sarana penunjang ke maupun di objek wisata itu merupakan program prioritas pemerintah daerah dan perencanaan hingga realisasinya memang harus disinergikan dengan SOPD lainnya," ujarnya.

Pantai Gililabak memiliki bentangan pasir putih dan pemandangan bawah laut yang menawan berupa kawasan terumbu karang.

Pulau Giliyang memiliki kandungan atau kadar oksigen di atas rata-rata di daerah lainnya dan selanjutnya diformat sebagai lokasi wisata kesehatan.

Sementara Pantai Sembilan merupakan objek wisata baru yang memiliki cekungan pasir alami menyerupai atau membentuk angka 9 (sembilan) jika difoto dari atas (udara). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017