Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, mempermudah perwakilan biro perjalanan wisata internasional untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke objek wisata setempat.

"Kami siap membantu atau memfasilitasi semua biro perjalanan wisata yang akan membawa kliennya ke Sumenep. Semuanya akan dipermudah dan dibantu, termasuk kedatangan wisman," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Selasa.

Ia menjelaskan, sinergi dengan biro perjalanan wisata guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Sumenep merupakan sebuah keniscayaan.

Selain terus membuka jejaring baru dan membangun komunikasi intensif, jaminan adanya kemudahan bagi biro perjalanan wisata ketika akan mendatangkan kliennya juga hal wajib.

"Kami memberikan keleluasaan kepada biro perjalanan wisata, termasuk perwakilan biro perjalaan wisata internasional untuk menentukan objek wisata yang akan dikunjungi kliennya dan pasti akan dibantu," ujarnya, menerangkan.

Sufiyanto juga mengemukakan, selama ini, perwakilan biro perjalanan wisata internasional biasanya memang berkoordinasi ketika akan mendatangkan kliennya ke Sumenep.

Mereka berkonsultasi sekaligus meminta bantuan untuk menyiapkan sesuatu yang diinginkan kliennya ketika berkunjung ke Sumenep.

"Kami menyesuaikan dengan keinginan atau konsep yang disiapkan perwakilan biro perjalanan wisata internasional. Misalnya mereka meminta ada tarian, perajin batik, dan perajin keris ketika akan ke Keraton Sumenep, pasti kami siapkan," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menambahkan.

Pada Selasa siang, sebanyak 30 wisman dari sejumlah negara berkunjung ke Keraton Sumenep atas fasilitasi perwakilan salah satu biro perjalanan wisata internasional.

Begitu tiba di Keraton Sumenep, mereka disambut oleh penampilan kelompok penari yang menarikan Tari "Bato Cenning" di Pendapa Agung.

Di areal Pendapa Agung Keraton Sumenep juga terdapat perajin batik dan keris yang memamerkan produknya. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat



Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017