Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyalurkan dana hibah bina lingkungan ke beberapa wilayah di Jawa Timur dengan nilai total Rp1,31 miliar, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pelindo III memiliki tanggung jawab sosial perusahaan, dan ini kami implementasikan dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), seperti diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan," kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto di Surabaya, Selasa.

Toto mengatakan, dana itu diberikan ke beberapa daerah di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Malang, Blitar, Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

Untuk sektor yang dibantu, kata Toto meliputi pendidikan atau pelatihan, dengan total Rp360 juta, peningkatan kesehatan dengan total Rp17,5 juta, sarana dan prasarana umum dengan total Rp288,5 juta, dan sarana ibadah dengan total Rp651 juta.

Ia menjelaskan, sepanjang tahun 2016, Pelindo III telah merealisasikan program kemitraan sejumlah Rp14,25 miliar dan penyaluran program bina lingkungan sejumlah Rp21,40 miliar.

"Dan untuk triwulan I tahun 2017 program kemitraan telah terealisasi sejumlah Rp735 juta dari Rp49,7 milar yang dianggarkan, sedangkan untuk program bina lingkungan telah terealisasi Rp5,77 miliar dari total anggaran Rp55,5 miliar," katanya.

Menurut Toto, upaya Pelindo III ini telah mendapatkan apresiasi dari pihak luar, seperti tahun 2016 mendapatkan Penghargaan Pengembang UMKM Terbaik Kategori BUMN Perhubungan Laut dari Universitas Sebelas Maret dan Penghargaan Sponsor Penanaman Terumbu Karang Serentak dari Korps Marinir TNI AL.

"Ini adalah bukti bahwa penanganan Kemitraan Bina Lingkungan diakui secara luas. Kami juga memacu para mitra binaan untuk rutin menyelenggarakan pemberian award kepada mitra binaan yang dinilai mensukseskan program kemitraan," ucapnya.

Toto berharap, sebanyak 69 penerima bantuan hibah Bina Lingkungan dari Pelindo III agar melaksanakan amanah dengan baik, dan mendukung kinerja Pelindo III untuk semakin meningkat, sehingga bantuan dapat selalu ditingkatkan secara terus menerus.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017