Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur memberikan penghargaan berupa "Prodamas award" pada RT yang ada di Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan program pemberdayaan masyarakat (Prodamas) sangat bermanfaat untuk pengembangan kegiatan di masyarakat.

"Warga kota yang dulunya kurang peduli, sekarang jadi mau bergaul dengan tetangga dan berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan," tuturnya di Kediri, Rabu.

Ia juga mengatakan, prodamas membuat Ketua RT juga lebih paham terkait dengan kondisi warganya. Misalnya, warga yang kurang mampu, maupun mereka yang sudah lanjut usia (Lansia).

Wali Kota juga menambahkan, kebijakan memberikan anggaran berupa prodamas hingga Rp50 juta per RT dinilai sangat bermanfaat.

"Kita tidak pernah membayangkan gang-gang sempit di Kota Kediri yang tidak terjangkau Dinas PU dan provinsi sekarang sudah dibangun dengan baik dan cantik," ujarnya.

Lebih lanjut, Wali Kota juga mengatakan prodamas juga mempercepat pembangunan hingga 10 kali lipat. Hal itu tak lain karena program diusulkan dan dikerjakan bersama masyarakat.

Hal itu juga memengaruhi penyelesaian pembangunan yang normalnya membutuhkan waktu 30 tahun, saat ini bisa dikerjakan hanya dalam waktu tiga tahun saja.

Pria yang akrab disapa Mas Abu itu juga mengatakan selain kemajuan fisik, dalam prodamas juga memerhatikan bidang sosial dan ekonomi. RT membahas dengan warga peruntukan anggaran, misalnya untuk balita yang jarang minum susu bisa diberikan bnatuan, pun termasuk warga lanjut usia (lansia) yang juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Ia pun akan terus berkomitmen memberikan yang terbaik untuk warga di Kota Kediri. Ia juga mengajak warga untuk terus berkarya dengan harapan ke depannya bisa dicontoh generasi penerusnya.

Prodamas award itu diselenggarakan di Balai Kota Kediri dan berlangsung Selasa (9/5) malam. Dalam penghargaan tersebut, sebelumnya telah mendapatkan survei dan penilaian dari tim yang dibentuk oleh pemerintah serta dari unsur swasta.

Penghargaan itu antara lain bidang partisipasi masyarakat, program berkelanjutan (Sustainability), inovasi masyarakat, kinerja. Selain itu, penghargaan juga diberikan pada kelurahan terfavorit, kelurahan terbaik, dan RT terbaik. Mereka mendapatkan hadiah penghargaan dari pemerintah kota. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017