Sumenep (Antara Jatim) - Rombongan wisatawan mancanegara (wisman) dari sejumlah negara akan mengunjungi Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep, pada 16 Mei 2017.

"Itu sesuai pemberitahuan dari perwakilan biro perjalanan wisata internasional yang akan membawa mereka ke Sumenep," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Selain ke Pantai Sembilan, sebagian dari rombongan wisman itu akan mengunjungi kawasan Keraton Sumenep di Kecamatan Kota.

Kapal pesiar yang akan membawa rombongan wisman tersebut dijadwalkan lego jangkar di sekitar Perairan Kalianget pada Selasa (16/5) pagi.

"Untuk jumlah wismannya belum diketahui. Sesuai pemberitahuan yang kami terima, sebagian dari rombongan wisman itu ke Pantai Sembilan di Pulau Giligenting dan sebagian lainnya ke Keraton Sumenep. Rombongan akan terpecah menjadi dua bagian," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Ia menjelaskan, sejak beberapa waktu lalu, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait guna menyambut kedatangan rombongan wisman tersebut.

Wisman yang berkunjung ke Keraton Sumenep akan disambut dengan penampilan kelompok penari tradisional diiringi musik tradisional dan disuguhi aneka masakan dan makanan khas.

Sementara di Pantai Sembilan, wisman akan disambut penampilan kelompok musik tradisional dan disuguhi aneka jenis ikan panggang sambil menunggu waktu matahari terbenam.

"Kalau tidak ada perubahan, akan ada 11 rombongan wisman yang ke Sumenep pada tahun ini atas fasilitasi biro perjalanan wisata internasional. Itu di luar kedatangan wisman yang secara mandiri atau atas fasilitasi elemen lain berkunjung ke Sumenep," kata Sofi. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017