Surabaya (Antara Jatim) - Ribuan warga Kota Surabaya antusias menyambut Parade Budaya dan Bunga 2017 yang digelar di sepanjang jalan mulai Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul, Minggu.
     
"Acara ini cukup menghibur warga Surabaya. Kami berharap ke depan lebih semarak lagi," kata salah seorang warga Surabaya, Gatot saat bersama istri dan anaknya melihat Paradae Budaya di Taman Bungkul. 

Pantauan Antara terlihat ribuan warga berhimpitan di pinggir jalan melihat penampilan peserta Parade Budaya dan Bunga. Ada sekitar 75 peserta atau penampilan grup parade yang terdiri 45 mobil hias bunga, 24 parade budaya, 
empat penampilan drum band, sembilan komunitas budaya.

Adapun pesertanya meliputi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, BUMN, BUMD, komunitas di Surabaya serta juga ada dari kota-kota yang menjadi sister city Surabaya di antaranya Makasar, Kediri dan Maluku Tenggara.

Menurut Gatot, penampilan sejumlah peserta di Parade Budaya kali ini unik-unik dan beragam, tidak hanya budaya khas Kota Surabaya yang ditonjolkan, melainkan juga dari daerah lain. Hal ini mengambarkan kebinekaan ada di Surabaya.

Hal sama juga dikatakan warga Rungkut, Arini. Ia mengatakan setiap Parade Budaya dan Bunga yang ditunggu-tunggu adalah penampilan drum band dan mobil hias. "Soalnya pas even ini saya  bisa foto selfie," ujarnya.

Desain mobil hias para peserta Parade Budaya dan Bunga pun beragam dan unik, ada yang dibentuk seperti taman safari dengan di atas mobil ada banyak satwa. Selain itu juga ada mobilnya ditutup dengan aneka bunga penuh warna dan juga ada yang disesain dengan sayur-sayuran.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan untuk kelancaran Parade Budaya, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di antaranya di sekitar lokasi pemberangkatan depan Bapperov Jatim yakni dari arah Timur meliputi Jalan Jagalan-Jalan Sulung-Jalan Kebon Rojo.

Sedangkan dari arah Utara meliputi Jalan Veteran-Jalan Kebon Rojo Sisi Timur-Jalan Stasiun Kota/Jalan Kebon Rojo sisi Barat-Jalan Indrapura dan dari arah Barat meliputi Jalan Tembaan, Jalan Bubutan dan Jalan Indrapura. (*)
Video oleh: Abdul Hakim

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017